Doppelmayr Austria Dirayu RI Bikin Kereta Gantung di IKN

ADVERTISEMENT

Doppelmayr Austria Dirayu RI Bikin Kereta Gantung di IKN

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 02 Sep 2022 10:02 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga melaksanakan pembangunan Jalan Lingkar Sepaku, jalan nasional yang menjadi akses utama menuju IKN Nusantara.
Foto: Dok Kementerian PUPR
Jakarta -

Kereta gantung atau ropeway cable car bakal dibangun di ibu kota negara (IKN) baru Kalimantan Timur. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun mulai melobi perusahaan asal Austria untuk mewujudkan rencana tersebut.

Budi Karya bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suarso Monoarfa dalam kunjungan kerjanya ke Austria sempat berkunjung ke kantor Doppelmayr Garaventa Group di Wolfurt. Keduanya melakukan pertemuan dengan CEO Doppelmayr Thomas Pichler, serta melihat langsung sistem pembuatan dan pengelolaan kereta gantung.

"Kita ingin kembangkan kereta gantung sebagai salah satu transportasi ramah lingkungan untuk melayani mobilitas dan pariwisata di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan di IKN," ujar Budi Karya dalam pertemuan dengan CEO Doppelmayr, dikutip dari keterangannya, Jumat (2/9/2022).

Perlu diketahui, Doppelmayr Garaventa Group sendiri merupakan produsen kereta gantung internasional dan penggerak orang untuk area ski, transportasi perkotaan, taman hiburan, dan material handling system. Hingga tahun 2019, perusahaan ini telah melakukan lebih dari 15.000 instalasi di 96 negara.

Budi Karya juga mengatakan kunjungan ke markas Doppelmayr memberikan wawasan berharga tentang teknologi kereta gantung yang telah dikembangkan. Di IKN, kereta gantung akan berfungsi sebagai layanan transportasi untuk menghubungkan antara zona bisnis dan komersial dengan zona perumahan di IKN.

Tidak hanya di IKN, kereta gantung juga dapat digunakan di sejumlah wilayah di Indonesia, untuk menghubungkan daerah yang berbukit atau sulit untuk dijangkau selain juga dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata.

Pada kesempatan tersebut, Budi Karya juga mengundang pihak Doppelmayr dan sejumlah perusahaan di Austria untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan dan pengembangan sistem transportasi perkeretaapian di Indonesia, khususnya kereta gantung.

Termasuk melakukan kerja sama pengembangan SDM dalam teknologi kereta gantung, dengan melaksanakan program pertukaran SDM, maupun program-program lainnya.



Simak Video "Menikmati Keindahan Miniatur Nusantara dari Kereta Gantung, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT