ADVERTISEMENT

Bappenas Lirik Pengembangan Kereta Gantung Jadi Transportasi di IKN

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 26 Jul 2022 11:59 WIB
Kecamatan Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara disebut sebagai lokasi Ibu kota baru. Pemilihan lokasi ini diduga karena di Sepaku banyak lahan negara.
Lokasi IKN/Foto: M. Abdurrosyid
Jakarta -

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mempelajari regulasi pengembangan kereta gantung, seaplane, dan pesawat jarak menengah dengan mengunjungi Stevenson Fishing Port, Harbour Flight Centre, dan Boeing.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan upaya pembangunan kereta gantung masih terhambat, terutama aspek skema pembiayaan dan isu pemanfaatan ruang udara.

"Saat ini sedang dilakukan penjajakan kesesuaian kereta gantung sebagai angkutan perkotaan di IKN dan pariwisata, termasuk kesesuaian aspek topografi wilayah serta added advantage berupa panorama kota. Pemerintah juga sedang menelaah pengembangan kereta gantung yang terintegrasi dengan Rencana Induk dan Sistem Transportasi Perkotaan di IKN," tutur Suharso pada Rabu (20/7) waktu setempat, dikutip dari laman Bappenas, Selasa (26/7/2022).

Suharso melanjutkan, penggunaan seaplane juga sedang dijajaki utamanya untuk kota waterfront seperti Jakarta, Palembang, Surabaya, dan Denpasar. Kajian Kementerian Perhubungan merekomendasikan sembilan lokasi pariwisata di Indonesia.

Di samping itu, permintaan terhadap angkutan seaplane perlu dilakukan penelaahan segmentasi pasar dan konektivitas yang dilayani.

"Operasional seaplane di Indonesia mayoritas didominasi swasta dengan peran pemerintah yang masih terbatas pada sisi pemberian izin operasional pesawat apung namun tidak mencakup pembangunan, pengembangan, dan pengoperasian bandara perairan," kata Suharso.

Bappenas kunjungi Boeing. Cek halaman berikutnya.

Simak juga Video: Warga Lokal di IKN Bakal Diberi Pelatihan, Apa Saja?

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT