Gokil! Bakal Ada Jembatan Sambungkan RI-Malaysia Lewat Sumatera

ADVERTISEMENT

Gokil! Bakal Ada Jembatan Sambungkan RI-Malaysia Lewat Sumatera

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 09 Sep 2022 06:45 WIB
Kondisi Geografis Pulau Sumatera Berdasarkan Peta Lengkap Letak Astronomisnya
Kondisi Geografis Pulau Sumatera Berdasarkan Peta Lengkap Letak Astronomisnya/Foto: istimewa
Jakarta -

Indonesia akan terhubung langsung dengan Malaysia melalui Sumatera. Sebab, akan dibangun jalur yang menghubungkan antara Telok Gong di Masjid Tanah, Malaysia dengan Dumai, Sumatera di Indonesia sepanjang 120 km. Pembangunannya dikerjasamakan dengan sektor swasta.

Dikutip dari Bernama, Jumat (9/9/2022), Chairman Melaka Investment, Industry, Entrepreneur Development and Cooperatives Comitte, Datuk Seri Ab Rauf Yusoh mengatakan, pembangunan yang diusulkan melibatkan konstruksi terowongan atau jembatan. Pembangunan akan memakan waktu 20 tahun dan ketika selesai akan berdampak besar pada pembangunan ekonomi kedua negara.

"Usulan proyek telah diajukan oleh sektor swasta dan kedua negara pada prinsipnya telah menyetujui studi rinci tentang masalah tersebut," katanya.

"Dari pihak pemerintah negara bagian, kami telah membawa semua instansi pemerintah untuk mengunjungi daerah di mana rute baru yang diusulkan akan dibangun kemarin," terangnya.

Ab Rauf mengatakan proyek yang akan dibangun menggunakan konsep 'One Belt One Road'. Proyek ini akan menjadi ikon baru bagi Malaysia dan Indonesia.

Proyek tersebut juga akan melibatkan pembangunan berbagai infrastruktur, termasuk area penyebaran lalu lintas dan Immigration, Custom, Quarantine and Security (ICQS) Complex.

Selain itu, kata dia, kawasan industri baru yang akan menampung berbagai kegiatan industri akan dikembangkan secara bertahap di Masjid Tanah seluas sekitar 2.023 hektare. Pengembangan kawasan itu akan dilakukan oleh Melaka Corporation dan diharapkan juga berkontribusi pada pembukaan kota baru di Masjid Tanah.



Simak Video "Anies Sebut Pemerintah Tak Cukup Hanya Bangun Infrastruktur Saja"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT