ADVERTISEMENT

Lembaga Keuangan Jepang Siap Dukung RI Kebut Infrastruktur, Begini Caranya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 13 Sep 2022 21:05 WIB
Sejumlah pekerja tengah menyelesaikan proyek pembangunan Pasar Rumput, Jakarta, Kamis (23/2). Rencananya proyek ini ditargetkan rampung pada 2018 mendatang.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) mengumumkan selesainya kunjungan resmi Hironori Kamezawa, Presiden dan CEO MUFG Group ke Jakarta.

Kunjungan ke Indonesia ini merupakan perjalanan bisnis pertama yang dilakukan Kamezawa di Asia Pasifik sejak dilantik pada April 2020. Agenda perjalanan Kamezawa selama tiga hari terdiri dari rangkaian pertemuan dengan para pemangku kepentingan kunci, mulai dari pertemuan dengan perwakilan senior Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga diskusi dengan jajaran staf dari MUFG Bank, Ltd. Cabang Jakarta (MUFG Bank) beserta mitra strategisnya PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) dan Adira Finance, di mana ia menegaskan kembali komitmen grup dalam mendukung pertumbuhan ekonomi jangka panjang Indonesia.

"Sebagai salah satu ekonomi terbesar di Asia Pasifik, Indonesia memainkan peran penting dalam pengembangan ekonomi regional. Saya tergugah oleh komitmen pemerintah Indonesia dalam berinvestasi di bidang infrastruktur dan menyambut investasi asing sebagai bagian dari cetak biru "Visi Indonesia 2045", yang jika terpenuhi, akan menempatkan bangsa ini di antara negara-negara dengan PDB teratas di dunia," tutur Kamezawa.

"MUFG telah hadir selama lebih dari 50 tahun di Indonesia. Kemitraan strategis MUFG dengan Danamon merupakan bentuk komitmen jangka panjang kami di negeri ini, yang memungkinkan kami untuk berkolaborasi dalam transaksi-transaksi berskala besar, serta inisiatif pemerintah terkait infrastruktur. Saya meyakini bahwa bersama-sama, kita akan dapat melakukan lebih banyak hal, dan berkontribusi terhadap masa depan yang lebih cerah bagi infrastruktur sosial, ekonomi, dan keuangan Indonesia," kata Kamezawa di akhir perjalanannya.

Kamezawa menekankan bahwa MUFG dapat mendukung pembangunan Indonesia melalui berbagai cara.

Pertama adalah memanfaatkan jaringan Asia Pasifik MUFG yang unggul. MUFG telah menginvestasikan lebih dari USD 14 miliar di berbagai bank terkemuka di ASEAN, termasuk Danamon. Langkah ini menciptakan sebuah jaringan hybrid yang unik dan model layanan nasabah yang terintegrasi "One MUFG". Melalui kemitraannya dengan Danamon, MUFG tak hanya dapat bersama-sama mendukung perusahaan lokal, multinasional, dan perusahaan asal Jepang di seluruh rantai nilai (value chain) dan rantai pasok (supply chain), dan tetap memberikan layanan finansial kepada karyawan dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Kedua, mendukung kebutuhan infrastruktur Indonesia. Prioritas utama MUFG di Indonesia adalah untuk membantu menjawab tantangan terkait rantai pasok, yang jika teratasi akan meningkatkan minat perusahaan multinasional untuk berbisnis di Indonesia. Hal inilah yang menjelaskan komitmen berkelanjutan MUFG dalam mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia tersebut dapat terlihat dari pendanaan MUFG pada beberapa proyek utama pemerintah, seperti pembangunan stasiun light rail transit di Palembang, jalan tol Balikpapan-Samarinda dan stasiun light rail transit Jakarta-Bogor-Depok- Bekasi.

Apa cara lainnya? Buka halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT