ADVERTISEMENT

Catat 5 Ruas yang Mulai Uji Coba Bayar Tol Tanpa Setop Akhir Tahun Ini

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 15 Sep 2022 11:06 WIB
Bayar Tol Tanpa Setop
Foto: Bayar Tol Tanpa Setop (M Fakhri Aprizal/Tim Infografis)
Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memastikan uji coba bayar tol tanpa kartu atau multi lane free flow (MLFF) akan dilaksanakan mulai akhir 2022 ini.

Kepala BPJT Danang Parikesit menyebutkan ada lima jalan tol yang disiapkan untuk uji coba. Lima ruas tersebut, kata Danang akan dipasangi gantry dan kamera Automatic Number Plate Recognition (ANPR).

"Adapun rencana jalan tol yang akan dilakukan uji coba adalah Tol Bali Mandara, Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Cikampek, Tol Dalam Kota, dan Tol JORR (termasuk Ulujami-Pondok Aren-Serpong). Lima ruas yang kita pasangi gantry dan kamera ANPR," katanya kepada detikcom, Kamis (15/9/2022).

Danang menjelaskan, alasan pemilihan lima ruas itu karena menjadi mewakili dari lalu lintas jalan tol di Indonesia. "Kelima ruas jalan tol tersebut merupakan perwakilan lebih dari 60% traffic keseluruhan jalan tol di Indonesia," jelasnya.

Pembayaran untuk jalan tol tanpa kartu ini akan dilakukan melalui aplikasi Cantas. Saat uji coba, pengguna jalan tol diharap bisa mendownload aplikasi Cantas yang akan diluncurkan juga pada Desember 2022.

Meski begitu, Danang mengatakan masyarakat juga bisa membayar tol sebelum melakukan perjalanan. Hal ini disampaikan saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI kemarin.

"Dimungkinkan pada saat MLFF ini kita bisa menggunakan dengan smartphone untuk melakukan pembayaran tanpa melakukan transaksi di gate. Maupun sebenarnya bisa merencanakan perjalanan, dan bisa langsung membayar itu namanya route ticket," terang Danang, Rabu (14/9).

"Itu mereka yang tidak punya smartphone bisa langsung membayar melalui internet, pada saat dia melalui sudah terdeteksi dan terdeduksi biaya telah dibayarkan sebelumnya," tambahnya.

Sebelumnya Danang juga pernah menjelaskan, meski sudah ada rencana lima jalan tol yang disiapkan untuk uji coba bayar tol tanpa sentuh. Tetapi dalam gerbang tol, masih akan disiapkan gate dengan pembayaran kartu.

"Untuk diujicobakan agar orang bisa mengaplikasikan Cantas kemudian nanti sambil familiar pada saatnya akan dioperasikan secara komersial," kata Danang, pada Agustus lalu.

Simak juga Video: Ternyata Begini Cara Gerbang Tol Mendeteksi Golongan Kendaraan

[Gambas:Video 20detik]



(ada/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT