ADVERTISEMENT

Dirut Railink Cerita Berdarah-darah Awal Bangun Kereta Bandara Soetta

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 15 Sep 2022 17:32 WIB
Kereta bandara akan berhenti beroperasi selama larangan mudik 2021. Begini suasana kereta bandara sehari jelang larangan mudik diberlakukan.
Foto: Rengga Sencaya

KAI Bandara yang saat ini volume penumpangnya sangat banyak adalah KAI Bandara Yogyakarta. Porwanto mengatakan baru awal beroperasi sampai saat ini perjalanan kereta sampai harus ditambah tadinya 20 perjalanan menjadi 24.

"Tahun depan ditambah menjadi 36 perjalanan karena antusiasme menggunakan KAI Bandara sangat banyak. Kenapa? karena berbeda dengan KA Bandara Soetta dan KA Bandara Kualanamu yang aksesnya ke pusat kota," jelasnya.

Sementara KA Bandara Yogyakarta menghubungkan langsung ke pusat kota yang juga sebagai pusat pemukiman masyarakat, pusat pemerintahan, hingga perekonomian.

"KA Bandara Yogyakarta juga mendapatkan subsidi dari pemerintah, sehingga tarifnya bisa bersaing murni dengan yang lainnya," tutupnya.

Sebagai informasi, PT Railink merupakan anak perusahaan hasil kerja sama antara dua BUMN, yaitu Kereta Api Indonesia dan Angkasa Pura II.


(ada/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT