ADVERTISEMENT

Biar Nggak Ketinggalan, Bank Wajib Genjot Digitalisasi

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Minggu, 27 Feb 2022 11:50 WIB
Fintech
Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi
Jakarta -

Digitalisasi bank menjadi sebuah keharusan di zaman yang serba digital. Oleh karena itu, sektor perbankan harus menggenjot digitalisasi demi meningkatkan layanan dan kepuasan nasabah.

"Pengembangan IT yang kami lakukan dilandaskan pada dukungan Bank DKI terhadap program-program pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan menghadirkan solusi kebutuhan layanan perbankan digital bagi masyarakat, termasuk dukungan kepada sektor UMKM," Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini, dalam keterangan tertulis, Minggu (27/02/2022).

Dia mengatakan, perusahaan sudah melakukan sejumlah hal yang berkaitan dengan digitalisasi, di antaranya adalah JakOne Mobile. Melalui JakOne Mobile, Bank DKI telah menghadirkan solusi perbankan digital bagi nasabah pengguna untuk menciptakan pengalaman bertransaksi yang lebih personal, mobile dan handal mulai dari bayar bermacam tagihan dan belanja daring, top up uang elektronik, bersedekah/ berdonasi untuk sesama hingga mengamankan dana darurat melalui pembukaan deposito secara daring.

Selain JakOne Mobile, oihaknya juga menyediakan JakCard, kartu prabayar yang selama ini sudah dipergunakan secara luas sebagai e-ticket berbagai moda transportasi layanan publik seperti TransJakarta, Mikro Trans, Angkot JakLingko, MRT Jakarta, LRT, hingga kereta bandara/Railink.

JakCard juga menjadi alat pembayaran utama di berbagai Kawasan Wisata yang dimiliki Pemprov. DKI Jakarta seperti Ancol, Taman Margasatwa Ragunan, Monas, Planetarium dan berbagai museum. Bank DKI juga dipercaya menyalurkan berbagai program bantuan sosial seperti Bantuan Sosial Tunai (BST), Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus), Kartu Lansia Jakarta (KLJ) dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) serta program Dasawisma.

Selain itu, ada juga JakOne Community Apps. JakOne Community Apps hadir sebagai upaya untuk terus meningkatkan layanan perbankan digital kepada berbagai komunitas di DKI Jakarta dan sekitarnya. JakOne Community Apps merupakan ekosistem layanan perbankan digital yang terdiri dari JakOne Mobile, JakOne Abank, JakOne Erte, JakOne Artri, Ancol Apps hingga Si Ondel.

"Dengan visi menjadi bank pilihan untuk Jakarta yang maju dan sejahtera, Bank DKI berharap berbagai inovasi digital tersebut dapat memberikan kenyamanan, kemudahan dan melengkapi kebutuhan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan digital," tambah Herry.

Dengan tujuan mendorong penerapan inklusi keuangan serta memperluas akseptansi pembayaran digital, Herry mengatakan, pihaknya juga menghadirkan JakOne Abank untuk dapat mendigitalisasi transaksi para pelaku UMKM.

JakOne Abank merupakan layanan perbankan tanpa kantor dimana Bank DKI hadir melalui Agen dengan menggunakan perangkat Mobile Point of Sale (MPOS) untuk pembayaran pajak dan retribusi, pembayaran tagihan. Dengan menjadi JakOne Abank, nasabah/pedagang yang menjadi Agen dapat melayani berbagai transaksi perbankan dari masyarakat dan mendapatkan komisi dari setiap transaksi.

Atas kinerjanya dalam meningkatkan inovasi teknologi itu, Bank DKI berhasil meraih penghargaan Indonesia IT Award 2022. Dalam penghargaan yang digelar secara virtual tersebut, Bank DKI menerima Gold Award pada kategori The Best IT for Bank Company (Regional Development Bank).



Simak Video "UMKM Yogyakarta Sukses Jangkau Pasar Se-Indonesia Berkat Digitalisasi"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT