ADVERTISEMENT

Menjajal Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Gerbangnya Sumatera

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 16 Sep 2022 07:45 WIB
Tol terpanjang di Indonesia, Bakauheni-Terbanggi Besar sudah diresmikan Jokowi awal maret lalu. Pengguna jalan pun mulai menjajal tol tersebut.
Tol Bakauheni-Terbanggi besar/Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Kehadiran Tol Trans Sumatera telah memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Tol ini telah menjadi akses penting bagi mobilitas masyarakat maupun arus logistik.

detikcom kembali berkesempatan menjajal Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang merupakan bagian Tol Trans Sumatera, Senin (5/9/2022). Tol ini membentang sepanjang 140,41 km dan menjadikannya sebagai salah satu tol terpanjang di Indonesia.

Tol tersebut melintasi sejumlah wilayah antara lain Kalianda, Sidomulyo, Lematang, Kota Baru, Natar, Tegineneng, Metro hingga Terbanggi Besar.

Telah diresmikan sejak tahun 2019, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar memiliki peran sebagai pintu gerbang untuk keluar masuk Sumatera. Sebab, pintu tol ini tak jauh dari Pelabuhan Bakauheni. Jadi, masyarakat yang menyebrang dari Pulau Jawa langsung disambut oleh Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Gerbang Tol Bakauheni Selatan yang merupakan gerbang pertama di Tol Bauheni-Terbanggi Besar yang berjarak hanya sekitar 4 km dari Pelabuhan Bakauheni. Begitu melintasi gerbang, pengendara akan disuguhi pemandangan lintasan tol yang panjang dan sesekali tampak berkelok.Tampak pula jalur tol ini membelah perbukitan.

Di kanan kiri jalan tol telah banyak berubah. Dulu, kanan kiri tol tampak gersang, kini sudah tampak lebih hijau. Pengguna jalan juga akan melihat lahan pertanian masyarakat seperti padi, jagung hingga kebun pisang saat melintas tol.

Konstruksi Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sendiri relatif baik. Dengan dasar beton, tak tampak jalan berlubang maupun bergelombang. Tak banyak kejutan saat kendaraan melintas di tol ini.

Fasilitas pendukung tol pun cukup lengkap. Tol ini dilengkapi marka jalan, light reflector, penerangan jalan, rest area dan lain sebagainya.

Bersambung ke halaman berikutnya, masih ada informasi menarik. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT