ADVERTISEMENT

Tol Becakayu Segera Beroperasi Penuh, Bekasi-Kampung Melayu 30 Menit!

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 17 Sep 2022 16:30 WIB
Foto udara pembangunan gerbang Tol Margajaya 2 yang merupakan bagian dari proyek Tol Becakayu (Bekasi Cawang Kampung Melayu) Seksi 2 A di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (8/9/2022). Pembangunan Tol Becakayu Seksi 2A dari Jakasampurna-Margajaya sepanjang 4,12 kilometer konstruksinya telah mencapai 95,45 persen dan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2022. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Jakarta -

Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampungn Melayu (Becakayu) On Ramp Prumpung, On Ramp Casablanca (Looping Pasar Gembrong), dan koneksi sisi Timur Jalan Tol Wiyoto Wiyono, siap dioperasikan. Sebelumnya, di titik tersebut telah dilaksanakan Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO).

Mengutip keterangan tertulis Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tol Becakayi dibangun dengan konstruksi layang (elevated) membentang dari wilayah Bekasi sampai dengan wilayah Kampung Melayu sepanjang 16,02 Km.

Jalan Tol Becakayu terdiri dari seksi 1 Kasablanka-Jaka Sampurna sepanjang 11,9 Km yang saat ini sudah beroperasi. Selanjutnya untuk Seksi 2a Jaka Sampurna-Kayuringin sepanjang 4,12 Km dan Seksi 2a Ujung Kayuringin - Margajaya, yang progres konstruksi seluruhnya telah mencapai 100% dan ditargetkan menjelang akhir 2022 mendatang siap beroperasi.

"Sebelum adanya Jalan Tol Becakayu, waktu tempuh berkendara dari Kota Bekasi menuju Jakarta sekitar dua jam perjalanan, namun setelah adanya kehadiran Jalan Tol Becakayu memangkas waktu tempuh perjalanan dari Bekasi ke Kampung Melayu dan ditempuh menjadi lebih cepat hanya dalam waktu 30 menit saja," tulis keterangan BPJT, dikutip Sabtu (17/9/2022).

Jalan Tol Becakayu juga juga mejadi salah satu solusi dalam mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan yang terjadi di Jalan Raya Kalimalang dan Tol Jakarta Cikampek karena sering terjadi penumpukan volume kendaraan di Gerbang Tol Halim.

Selain itu Jalan Tol ini akan mengurangi volume lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek bagi kendaraan yang akan mengarah ke sekitar Bekasi maupun Jakarta.

"Sehingga Jalan Tol ini nantinya juga akan meningkatkan kelancaran lalu lintas kendaraan logistik yang menuju Bekasi, Karawang, Cibitung, dan sekitarnya," tulis BPJT.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT