Sudah Habiskan Triliunan APBN, 4 Bandara Ini Hidup Segan Mati Enggan

ADVERTISEMENT

Sudah Habiskan Triliunan APBN, 4 Bandara Ini Hidup Segan Mati Enggan

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 18 Sep 2022 10:30 WIB
Penerbangan komersil di bandara Ngloram berjalan sukses. Dengan menggunakan maskapai Citilink, penumpang mendarat di bandara Ngloram pukul 11.45 WIB.
Bandara Ngloram/Foto: Febrian Chandra
Jakarta -

Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) gencar melakukan pembangunan infrastruktur bandara yang menggunakan dana jumbo dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Ironisnya, ada sejumlah bandara kini mati suri karena sepi penumpang dan tidak beroperasi.

Berdasarkan catatan detikcom, setidaknya ada 4 bandara yang kini sepi penumpang dan tidak beroperasi. Dirangkum Minggu (18/9/2022), berikut daftarnya:

1. JB Soedirman, Purbalingga

Melihat situs pembelian tiket pesawat, Bandara JB Soedirman saat ini terpantau tidak memiliki jadwal penerbangan lagi. Sebelumnya bandara ini digunakan maskapai Citilink dengan tujuan Jakarta-Purbalingga dan sebaliknya, namun belum lagi terlihat ada jadwal penerbangan ini pada platform penjualan tiket pesawat.

Wings Air juga sempat menggunakan bandara ini untuk penerbangan dari Pondok Cabe pada 5 Agustus 2022, namun rute penerbangan itu kembali ditutup pada 19 Agustus 2022 karena sepi penumpang.

Dalam keterangan resmi Kementerian Perhubungan, pembangunan Bandara JB Soedirman menelan anggaran Rp 350 miliar yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II.

2. Bandara Ngloram

Bandara ini diresmikan oleh Jokowi pada Desember 2021. Anggaran pembangunannya tercatat senilai Rp 80 miliar.

Alih-alih bandara ramai, saat ini justru tidak ada jadwal penerbangan ke dan dari Bandara yang berada di Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Nafas Baru Bandara Kertajati, Layani Keberangkatan Ratusan Jemaah Umrah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT