ADVERTISEMENT

Banyak Bandara Sepi, RI Masih Perlu Bangun Baru Lagi?

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 19 Sep 2022 11:18 WIB
Wide-angle view of a modern aircraft gaining the altitude outside the glass window facade of a contemporary waiting hall with multiple rows of seats and reflections indoors of an airport terminal El Prat in Barcelona
Ilustrasi Bandara Sepi. Foto: Getty Images/iStockphoto/skyNext
Jakarta -

Kementerian Perhubungan menargetkan pembangunan 10 bandara baru dan penyelesaiannya ditargetkan rampung hingga 2024. Meskipun, sejumlah bandara yang ada kini mati suri karena sepi penumpang.

Bandara yang mati suri itu seperti JB Soedirman di Purbalingga, Bandara Ngloram di Blora, dan Bandara Wiriadinata di Tasikmalaya. Sementara Bandara Kertajati di Majalengka dalam waktu dekat akan diaktifkan lagi seiring akan beroperasinya Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Lantas apakah Indonesia masih butuh bandara baru lagi? Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno mengatakan pembangunan bandara baru masih diperlukan di luar pulau Jawa.

"Kalau luar Jawa memang butuh itu (bandara) terutama bagi warga terpencil (kepulauan)," kata Djoko kepada detikcom, Senin (19/9/2022).

Pembangunan bandara baru di luar pulau Jawa sangat dibutuhkan untuk sarana transportasi. "Jika ada warga yang sakit dan harus dirujuk ke RS, bisa segera tiba di RS tipe A di ibu kota provinsi," jelasnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Pengamat Penerbangan Alvin Lie. Pembangunan bandara baru dibutuhkan namun perlu pematangan atas perencanaan bandara agar dapat dikembangkan hingga 50 tahun mendatang.

"Membangun bandara itu membutuhkan pertimbangan yang sangat rumit karena harus memahami pola pergerakan penduduk di wilayah bandara itu sendiri, kebutuhannya ke mana, bukan hanya pada saat ini tapi hingga 50 tahun ke depannya seperti apa," tutur Alvin Lie.

Berikut 10 bandara baru yang akan dan sedang dibangun hingga 2024, dikutip dari CNBC Indonesia:

1. Bandara Siau, Sulawesi Utara
2. Bandara Tambelan, Bintan, Kepulauan Riau
3. Bandara Nabire Baru, Papua
4. Bandara Baru Siboru, Fakfak, Papua
5. Bandara Mentawai, Sumatera Barat
6. Bandara Mandailing Natal, Sumatera Utara
7. Bandara Pohuwato, Gorontalo
8. Bandara Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara
9. Bandara Banggai Laut Sulawesi Tengah
10. Bandara Singkawang Kalimantan Barat.



Simak Video "Ini Deretan Bandara di Indonesia yang Mati Suri"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT