Intip Megahnya PLBN Jagoi Babang, Bangunan Modern Bernuansa Dayak

ADVERTISEMENT

Tapal Batas

Intip Megahnya PLBN Jagoi Babang, Bangunan Modern Bernuansa Dayak

Dea Duta Aulia - detikFinance
Senin, 19 Sep 2022 13:08 WIB
Jagoi Babang merupakan kecamatan yang berbatasan dengan Malaysia. Saat ini tengah dibangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Jagoi Babang. Begini potretnya.
Foto: Rifkianto Nugroho
Bengkayang -

Jagoi Babang merupakan salah satu kecamatan yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Letaknya yang berbatasan itu lah membuat daerah tersebut kini tengah dibangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Jagoi Babang.

PLBN Jagoi Babang yang pembangunannya sudah memasuki 92% ini nantinya bakal dilengkapi oleh sejumlah fasilitas. Adapun fasilitas tersebut terbagi menjadi 3 area yakni Zona Inti, Zona Penunjang 1, dan Zona Penunjang 2.

Penasaran dengan proyek tersebut, detikcom pun mencoba memasuki kawasan PLBN Jagoi Babang yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Ketika memposisikan diri datang dari arah Malaysia, para pendatang akan disuguhkan langsung pemandangan Zona Inti dari PLBN Jagoi Babang yang begitu indah nan modern namun tetap menonjolkan cirinya khas budaya suku Dayak.

Ketika masuk dari arah Malaysia, para pendatang akan disuguhkan dengan patung Garuda yang berdiri kokoh di bangunan inti. Selain nuansa nasionalisme kawasan tersebut juga mengimplementasikan unsur budaya lokal.

Hal itu terlihat dari bangunan inti PLBN Jagoi Babang yang merupakan implementasi dari Rumah Panjang khas suku Dayak. Untuk menambah unsur budaya lokal, bangunan inti juga dibalut dengan sejumlah ukiran tameng khas suku Dayak.

PLBN Jagoi BabangKetika masuk dari arah Malaysia, para pendatang akan disuguhkan dengan patung Garuda yang berdiri kokoh di bangunan inti (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)

Nuansa khas suku Dayak pun tidak hanya itu saja. Atap bangunan inti PLBN Jagoi Babang terdapat sentuhan warna merah yang kental dengan pakaian suku Dayak.

Adapun fasilitas yang terdapat Zona Inti yakni bangunan utama yang berisikan powerhouse, gudang sita, tempat penampungan sementara sampah (TPS), gerbang Tasbara, pos pemeriksaan imigrasi, toilet dan peralatan X-Ray. Tak hanya itu, pintu masuk arah Malaysia ini juga terdapat fasilitas car wash berfungsi untuk mensterilkan kendaraan guna mencegah penyakit masuk ke Indonesia.

Setelah dari Zona Inti, nantinya para pengunjung akan memasuki Zona Penunjang 2. Di sini, para pengunjung akan disuguhkan dengan sejumlah fasilitas umum seperti pasar, masjid, dan gereja. Adapun pembangunan masjid dan gereja akan berhadap-hadapan sebagai simbol toleransi antar umat beragama yang wajib dijaga oleh setiap orang.

Kepala Unit Bank BRI Seluas Zerry Hudha mengatakan nantinya, dalam PLBN Jagoi Babang juga akan tersedia layanan untuk perbankan. Namun hingga saat ini, pihaknya masih terus melakukan komunikasi dengan Bank BRI cabang Singkawang dan pusat dalam menghadirkan layanan perbankan di kawasan tersebut.

"Saya yakinkan akan diberikan pelayanan yang terbaik, sebagai pelayanan yang di pelosok, akan memberikan fasilitas yang semaksimal mungkin di lintas layanan keuangan yang diperlukan di PLBN (Jagoi Babang) nanti, yang sudah pertama dilakukan adalah nanti akan disediakan EDC Merchant atau kerja sama dengan kantor imigrasi, selanjutnya kalau tidak ada halangan atau sesuai akan pemasangan mesin atm, tentunya kita tunggu dari pusat," kata Zerry saat ditemui oleh detikcom di Seluas, Kabupaten Bengkayang beberapa waktu lalu.

Klik halaman selanjutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT