Waskita Karya Dapat Tambahan Modal Rp 3 T, Buat Kebut Proyek Tol

ADVERTISEMENT

Waskita Karya Dapat Tambahan Modal Rp 3 T, Buat Kebut Proyek Tol

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 10 Okt 2022 21:30 WIB
PT Waskita Karya (Persero) Tbk menargetkan pembangunan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau Jalan Tol Becakayu beroperasi penuh tahun depan.
Tol Becakayu/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menambah penyertaan modal negara (PMN) kepada PT Waskita Karya Tbk tahun ini sebesar Rp 3 triliun. Hal itu dilakukan setelah menimbang untuk memperbaiki struktur permodalan dan meningkatkan kapasitas usaha perseroan.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 34 Tahun 2022 tentang Penambahan PMN ke Dalam modal Saham Perusahaan Perseroan PT Waskita Karya Tbk yang ditetapkan dan ditandatangani Jokowi pada 4 Oktober 2022.

Dalam aturan itu disebutkan, PMN diberikan dalam rangka penyelesaian proyek strategis nasional (PSN) di bidang jalan tol melalui penerbitan saham baru guna mempertahankan komposisi kepemilikan saham negara pada Waskita Karya.

"Nilai penambahan penyertaan modal negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 sebesar paling banyak Rp 3.000.000.000.000 (tiga triliun rupiah)," tulis pasal 2 PP tersebut dikutip detikcom, Senin (10/10/2022).

Tambahan PMN ini akan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022 yang telah ditetapkan dalam rincian belanja.

Besaran tambahan PMN ini telah disetujui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berdasarkan hasil pelaksanaan penerbitan saham baru yang disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Dengan demikian, maka PMN yang masuk kepada Waskita Karya totalnya menjadi Rp 6 triliun. Sebab, pada awal tahun pemerintah juga telah memberikan PMN sebesar Rp 3 triliun kepada Waskita Karya.



Simak Video "Kejagung Tahan 3 Tersangka Baru Dugaan Kasus Korupsi Waskita"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT