Plafon Bandara Komodo Jebol, Kemenhub Beri Penjelasan

ADVERTISEMENT

Plafon Bandara Komodo Jebol, Kemenhub Beri Penjelasan

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Jumat, 14 Okt 2022 15:48 WIB
Keadaan di Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo
Bandara Komodi/Foto: Istimewa
Jakarta -

Beredar video viral di media sosial tentang Bandara Komodo Labuan Bajo, Manggarai Barat NTT tergenang air. Peristiwa ini terjadi saat kawasan bandara diguyur hujan lebat.

Tak hanya tergenang air, plafon bandara di salah satu ruangan juga jebol. Terkait hal ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara buka suara.

Dalam pernyataan tertulisnya, dijelaskan area yang tergenang berlokasi di area terminal bandara udara lama. Kegiatan operasional tetap normal pasca kebocoran.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, kejadian ini disebabkan intensitas hujan tinggi pada Rabu, 12 Oktober 2022.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melalui Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Komodo telah melakukan perbaikan terhadap area terminal lama (eksisting) bandara yang terdampak kebocoran," katanya, Jumat (14/10/2022).

Adapun kebocoran terjadi pada area keberangkatan gate 2 di lantai 2 terminal lama, bukan di gedung baru. Pihak berwenang pun segera melakukan perbaikan.

"Kebocoran terjadi pada area keberangkatan gate 2 (dua) di lantai 2 (dua) terminal lama (eksisting) bukan pada area gedung baru perluasan, dan sudah segera dilakukan perbaikan," katanya menambahkan.

Untuk mengatur operasional bandara, petugas di Bandar Udara Komodo segera melakukan pengamanan dan pengaturan alur penumpang. Sehingga tidak mengganggu aktivitas operasional di bandara dan kegiatan operasional penerbangan berjalan normal.

Sebelumnya, melansir video yang diunggah akun Twitter @yosnggarang, tampak air mengalir ke suatu ruangan di Bandara Komodo. Plafon di salah satu ruangan juga jebol dan berserakan di lantai.

Aktivitas di bandara Komodo Labuan Bajo saat kejadian sedang normal. Beberapa penumpang terlihat duduk di kursi-kursi ruang tunggu. Sebagian lainnya mengabadikan momen menggunakan ponsel.

"Kok bisa air masuk ke ruangan? Ini kontraktor yang kerja siapa ya?," tulis akun @yosnggarang, dikutip Jumat (14/10/2022)

Kondisi ruangan bandara Komodo Labuan Bajo pun jadi pertanyaan. Dalam cuitannya, dinarasikan ruang yang tergenang adalah ruangan baru yang belum lama diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ini ruangan baru, belum setahun dipakai kok atap plafon pada jatuh begini?," tulisnya lagi.

Melansir laman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Jokowi meresmikan perluasan Bandara Komodo pada Kamis, (21/07/2022).



Simak Video "Angkutan Barang Dibatasi Selama Mudik Lebaran 2022, Catat Tanggalnya"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT