Daftar Tol Atas Laut RI, dari yang Sudah Beroperasi Sampai yang Baru Wacana

ADVERTISEMENT

Daftar Tol Atas Laut RI, dari yang Sudah Beroperasi Sampai yang Baru Wacana

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 26 Okt 2022 14:36 WIB
Tol Semarang-Demak Seksi 2 sepanjang 16,31 kilometer (km) yakni telah mencapai progres 97,82% ditargetkan beroperasi akhir tahun.
Foto: Dok. Badan Pengatur Jalan Tol dan PT PP Semarang Demak
Jakarta -

Pembangunan Tol di atas laut terus dikembangkan pemerintah melalui Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT). Kondisi ini sehubungan dengan Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang wilayahnya tersebar dan berbatasan langsung dengan lautan.

Pembangunan jalan tol atas laut ini tidak hanya diharapkan mampu mempermudah jalur transportasi antar pulau, tetapi juga membantu meningkatkan integrasi ekonomi dan mengurai kemacetan di sektor lalu lintas darat.

Berikut daftar tol atas laut yang baru direncanakan hingga telah beroperasi di Indonesia.

1. Tol Bali Mandara

Tol Bali-Mandara adalah jalan tol atas laut pertama di Indonesia, serta satu-satunya tol yang beroperasi di Bali saat ini, sejak diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 23 September 2013 lalu. Tol ini juga menjadi salah satu tol atas air terpanjang di dunia.

Jalan Tol ini memiliki pemandangan laut cukup indah, didesain dengan menjaga estetika, keindahan arsitekturnya, dan ornamen budaya khas Bali. Nama Mandara sendiri diberikan Presiden SBY yang memiliki arti aman, tentram dan sejahtera.

Menurut catatan detikcom di tahun 2018, hampir 100% strukturnya merupakan jalan layang yang membentang di atas laut dengan panjang 12,7 km. Jalan tol Bali Mandara menghubungkan antara Benoa, Ngurah Rai Tuban, dan Nusa Dua. Jalan tol ini tak hanya bisa dilalui mobil atau kendaraan roda empat tetapi juga sepeda motor.

2. Tol Semarang-Demak

Tahun ini, ada satu proyek tol laut yang tengah digenjot pemerintah yaitu Tol Semarang-Demak. Secara keseluruhan, tol ini memiliki panjang 26,7 km, namun dalam pembangunannya dibagi menjadi 2 seksi, Seksi 1 (Semarang-Sayung) sepanjang 10,69 km dan Seksi 2 (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 km. Seksi 2 inilah yang ditargetkan rampung akhir tahun.

Dilansir melalui laman BPJT, Rabu (25/10/2022), jalan ini ditargetkan rampung pada November 2022 dan beroperasi di akhir tahun ini dalam mendukung libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Tol ini akan menjadi kunci penting dalam mengurai kemacetan di Jalan Nasional Pantura sampai ke Demak.

Jalan Tol Semarang-Demak dikenal sebagai jalan tol atas laut yang terintegrasi dengan Tanggul Laut Kota Semarang. Selain itu juga berfungsi untuk penahan banjir rob, serta mengatasi banjir dan genangan air yang selama ini menjadi permasalahan ibu kota Provinsi Jawa Tengah.

Lihat juga video 'Ini Jalan Tol yang Bakal Pakai Sistem Bayar Pakai HP':

[Gambas:Video 20detik]



Lanjut ke halaman berikutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT