Deretan Kota yang Bakal Dilewati Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

ADVERTISEMENT

Deretan Kota yang Bakal Dilewati Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 28 Okt 2022 18:45 WIB
TIANJIN, CHINA - 2017/09/08: A Renaissance EMU train stops at the station platform.  New Renaissance EMU train (CR400),   will be operated at a speed of 350 kilometers per hour on the Beijing-Shanghai high-speed railway, faster than the CRH train, which makes the time between Beijing and Shanghai  shortened to 4.5 hours. (Photo by Zhang Peng/LightRocket via Getty Images)
Ilustrasi kereta cepat/Foto: Zhang Peng/LightRocket/Getty Images
Jakarta -

Pemerintah berencana menggarap proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya. Perencanaan pembangunan proyek kereta cepat tersebut sedang disusun.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya akan melewati beberapa kota mulai dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo hingga Surabaya. Dengan kereta cepat, maka dari Jakarta ke Surabaya bisa ditempuh dalam waktu sekitar 4 jam.

"Kita kawal bener kereta cepat ini. Konsep perencanaannya sedang dilaksanakan sama-sama, karena nggak mungkin tanpa PU kita jalanin. Jadi rencana itu Jakarta, Karawang, Bandung, Kertajati, Purwokerto terus Jogja, Solo, Madiun, Surabaya 4 jam," jelasnya dalam acara Seminar Nasional 'Sustainable Smart Transportation', Kamis (27/10/2022) lalu.

Budi Karya mengatakan akan mengawal proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya tersebut. Dia juga menuturkan, semakin banyak yang mengawal proyek ini maka akan semakin bagus.

"Pak Presiden sebagai pemimpin yang visioner meletakkan dasar-dasar MRT, yang kami kawal berikutnya akan meletakkan dasar-dasar kereta cepat. Rencananya Jakarta-Surabaya, Jakarta-Surabaya ditempuh kurang dari 4 jam," katanya.

"Tahap pertama kita membuat Jakarta-Bandung nah ini harus dikawal, makin banyak yang mengawal makin bagus," tambahnya.

Budi Karya meyakini, pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya bisa dilakukan.

"Kereta cepat juga gitu membangunnya kok Jakarta-Bandung ya, banyak kok-nya gitu, tapi kalau kita yakin bahwa ini akan kita bangun Jakarta-Surabaya, bayangkan 4 jam," terang Budi Karya.

(acd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT