LRT Jabodebek Bisa Dijajal Maret 2023, Progressnya Sudah Sampai Mana?

ADVERTISEMENT

LRT Jabodebek Bisa Dijajal Maret 2023, Progressnya Sudah Sampai Mana?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 04 Nov 2022 06:00 WIB
LRT jabodebek
LRT Jabodebek/Foto: Dok. KAI
Jakarta -

Masyarakat harus kembali bersabar menunggu operasional LRT Jabodebek. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan LRT Jabodebek baru bisa beroperasi penuh tahun depan.

Menurutnya, LRT Jabodebek bakal beroperasi penuh mulai Juni 2023. Namun, pihaknya menargetkan di bulan Maret 2023 masyarakat sudah bisa menjajal moda transportasi ini dalam rangka uji coba terbatas yang dilakukan menuju operasi penuh pada Juni 2023.

"Sementara 2023 selesaikan persiapan operasionalnya kita bisa uji coba mungkin dari Depok ke Jakarta, Bekasi ke Jakarta dengan headway longgar, uji coba, mungkin bulan Maret," ungkap Budi Karya usai melakukan rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2022) kemarin.

Ketika ditanya soal penetapan tarif atau harga tiket, Budi Karya sendiri mengaku belum membicarakannya dengan KAI selaku operator. "Kita belum bicara," katanya singkat.

Dijanjikan bisa dijajal Maret 2023, sampai mana progress pembangunan LRT Jabodebek?

Progress LRT Jabodebek menurut publikasi terkini PT Adhi Karya di website resminya sudah mencapai 92,07% dengan target operasi penuh di Juni 2023.

Pengerjaan LRT Jabodebek sendiri dibagi menjadi 4 segmen. Pertama lintas Cawang-Cibubur yang sudah mencapai 95,62%, kedua lintas Cawang-Dukuh Atas yang sudah mencapai 91,60%, ketiga lintas Cawang-Bekasi Timur yang mencapai 93,67%, dan terakhir pengerjaan depo di Bekasi Timur mencapai 79,29%.

Di sisi lain, Adhi Karya menyatakan saat ini sudah terdapat 27 kereta LRT Jabodebek yang diletakan di sepanjang lintas pelayanan I.

Sejalan dengan itu, pengaktifan listrik telah dilakukan di sepanjang lintas pelayanan I dan II, sehingga kereta akan dipindahkan secara bergilir dari lintas pelayanan I menuju lintas pelayanan II, serta beberapa telah terparkir di lintas pelayanan III.

Sebelumnya, manajemen PT Adhi Karya (Persero) Tbk sempat menyatakan LRT Jabodebek akan mundur tanggal operasinya ke Juni 2023. Hal itu setelah dilakukan pembahasan dengan berbagai pihak.

"Dari hasil pembahasan kami dengan para pihak yang terkait diharapkan nanti bulan Juni tahun depan mulai beroperasi," kata Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi XI, Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Entus mengatakan, secara fisik proyek LRT Jabodebek sebetulnya sudah hampir rampung. Namun, karena LRT ini dioperasikan tanpa masinis maka perlu dipastikan dari aspek keamanan dan keselamatannya.

"Untuk memastikan, karena ini tanpa masinis, driverless untuk memastikan bahwa safety-nya ini sesuai ada tambahan dari berbagai pihak supaya safety-nya terpenuhi akhirnya yang kami kerjakan ini sistem yang dibangun oleh Siemens yang lazim memang biasa dikerjakan. Kemudian dari mitra BUMN kita ada LEN," jelasnya.

Dia mengatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT KAI (Persero) juga melakukan kajian atas sistem LRT Jabodebek, sehingga, butuh waktu panjang untuk operasi.

(hal/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT