Ikutan Bangun Tol Layang di Atas JORR, dari Mana Modal Adhi Karya?

ADVERTISEMENT

Ikutan Bangun Tol Layang di Atas JORR, dari Mana Modal Adhi Karya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 09 Nov 2022 15:34 WIB
Proyek Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami tengah disiapkan. Tol layang ini akan membentang sepanjang 21,5 km.
Foto: A.Prasetia/detikcom
Jakarta -

PT Adhi Karya (Persero) Tbk akan turut serta dalam pembangunan proyek tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Elevated Cikunir-Ulujami. Dalam proyek ini, Adhi Karya akan menyetorkan modal yang diperoleh dari rights issue.

Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson menjelaskan, tol layang Cikunir-Ulujami akan dibangun menimbang adanya pembangunan tol Jakarta-Cikampek Selatan. Dengan hadirnya tol tersebut, maka akan menimbulkan kepadatan di tol eksisting.

"Tol ini akan mengalami kepadatan luar biasa karena sekarang sedang dibangun (Tol) Jakarta-Cikampek Selatan, dari Sadang sampai ke ujungnya Jatiasih," katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI, Rabu (9/11/2022).

Maka itu, tol layang perlu dibangun. Tol ini diusulkan konsorsium PT Marga Metro Nusantara, PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Acset Indonusa Tbk.

"Kebetulan pemrakarsanya swasta, mayoritasnya itu Nusantara Infrastructure, mungkin ada beberapa pemberitaan kemarin, Adhi Karya punya 10% di situ. Harapannya memang selain kita masuk di equity ini, kita bisa mendapatkan bagian dari proyek konstruksinya," jelasnya.

Dia menjelaskan, proyek ini akan menelan investasi sekitar Rp 22 triliun. Sementara, kebutuhan ekuitas atau modalnya sekitar Rp 6 triliun hingga Rp 7 triliun. Dari situ, Adhi Karya akan memberikan setoran sekitar Rp 600 miliar.

"Di Cikunir-Ulujami porsi kami hanya sedikit 10%, dari nilai investasi Rp 22 triliun kurang lebih, kalau melihat ekuitasnya Rp 6-7 triliun dan setoran kami di situ Rp 600 miliar," katanya.

Untuk diketahui, Adhi Karya mengincar dana Rp 1,898 triliun dari rights issue. Selain untuk membangun Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami, dana tersebut akan digunakan untuk preservasi jalan timur lintas Sumatra Selatan dan fasilitas pengelolaan limbah terpadu Kawasan Industri Medan.

Dikutip dari Simpul KPBU Kementerian PUPR, Tor JORR Elevated Cikunir-Ulujami dibangun di atas tol eksisting. Tol ini memiliki panjang 21,50 km dengan titik awal di Jatiasih dan titik akhir di Persimpangan Ulujami.

Kemudian dijelaskan, masa konsesi 40 tahun dan biaya konstruksi Rp 13,43 triliun. Struktur pendanaan yakni equity 43% dan debt 57%.

(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT