Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diuji Coba Besok, Bos KAI Ajak Anggota DPR

ADVERTISEMENT

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diuji Coba Besok, Bos KAI Ajak Anggota DPR

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Rabu, 09 Nov 2022 17:12 WIB
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani persiapan untuk uji dinamis di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (9/11/2022). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan menjalani uji dinamis di sela penyelenggaran Presidensi G-20 pada 16 November mendatang. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Didiek Hartantyo mengatakan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung mulai melakukan uji coba dynamic mulai besi, 10 November 2022. Uji coba ini merupakan persiapan menuju puncak dynamic test yang akan dilakukan 16 November mendatang.

Dalam kesempatan itu, Didiek mengajak anggota DPR RI Komisi VI mengikuti langsung uji coba tersebut. Ujicoba ini dilakukan dari Terminal Tegalluar ke stasiun Cikopo, Jawa Barat.

"Dan nanti mulai besok kita akan lakukan uji dynamic tes untuk persiapan G20 Showcase. Kami mengundang pak ketua, apabila bapak ibu komisi 6 berkesempatan ke Tegalluar, kami akan tunjukkan dalam waktu-waktu ini menjelang sampai tanggal 16 November ataupun setelah itu," katanya
rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR, Jakarta, Rabu (9/11/2022).

Adapun uji coba tanggal 16 November nanti akan disaksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping. Keduanya akan menyaksikan uji coba secara virtual dari Bali.

"16 November nanti akan dilakukan G20 showcase, di mana akan dilaksanakan percobaan uji dinamis dari Tegalluar sampai ke Cikopo yang kira-kira 20 km yang akan dilakukan secara online, yang nanti akan disaksikan Presiden Jokowi dan Xi Jinping dari Bali," jelasnya.

Adapun Commercial Operation Date (COD) date atau mulai beroperasinya Kereta Cepat Jakarta-Bandung diproyeksikan mulai pada 30 Juni 2023.

Untuk penyelesaian konstruksi seperti jalur utama dan stasiun ditargetkan rampung pada 31 Desember 2022. Direncanakan tanggal 28 Februari semua rangkaian kereta cepat atau EMU yang berjumlah 11 akan datang ke Indonesia.



Simak Video "Jokowi Sebut Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bukan Bantuan China"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT