Terungkap! Ini Alasan XI Jinping Batal Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

ADVERTISEMENT

Terungkap! Ini Alasan XI Jinping Batal Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Rabu, 09 Nov 2022 19:45 WIB
Dunia Hadapi Ketegangan Meningkat saat Xi Jinping Lanjut Berkuasa
Presiden China Xi Jinping/Foto: DW (News)
Jakarta -

Presiden China Xi Jinping batal menghadiri uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Padahal, Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan hadir langsung menjajal kereta cepat pada 16 November mendatang.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Didiek Hartantyo mengatakan, Xi Jinping dan Jokowi akan memantau uji dinamis secara virtual di Bali.

"16 November nanti akan dilakukan G20 showcase, di mana akan dilaksanakan percobaan uji dinamis dari Tegalluar sampai ke Cikopo yang kira-kira 20 km yang akan dilakukan secara online, yang nanti akan disaksikan Presiden Jokowi dan Xi Jinping dari Bali," katanya dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR, Jakarta, Rabu (9/11/2022).

Terkait hal ini Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi memberi penjelasan. Salah satu kendala yang membuat Xi Jinping batal menghadiri uji dinamis itu adalah karena jadwal yang padat.

"Ini masalah mengatur waktu, karena dua-duanya sibuk. Kan setelah ini ada KTT APEC di Bangkok," ujarnya di gedung DPR RI.

Oleh karena itu pemerintah menyiapkan skenario lain atas rencana ini, yaitu uji coba yang disiarkan secara virtual.

"Sehingga untuk mempermudah semuanya kita lakukan skenario kedua. Kita lakukan streaming live dari Tegalluar, uji coba operasional kereta ke Kopo 16 km, disaksikan langsung Jokowi dan Xi dari KTT di Bali," pungkasnya.



Simak Video "Jokowi Sebut Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bukan Bantuan China"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT