Nggak Semua Jalur, Uji Kereta Cepat yang Ditonton Jokowi & Xi Jinping Cuma 15 Km

ADVERTISEMENT

Nggak Semua Jalur, Uji Kereta Cepat yang Ditonton Jokowi & Xi Jinping Cuma 15 Km

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 11 Nov 2022 16:43 WIB
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani persiapan untuk uji dinamis di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (9/11/2022). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan menjalani uji dinamis di sela penyelenggaran Presidensi G-20 pada 16 November mendatang. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Uji dinamis kereta inspeksi pada Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan ditampilkan dalam G20 showcase 16 November mendatang. Uji dinamis ini akan disaksikan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping.

Uji dinamis ini tidak dilakukan di seluruh jalur. Pengujian akan dilakukan sepanjang 15 km dari Stasiun Tegalluar menuju Casting Yard 4 di daerah Kopo, Bandung. Sebagaimana diketahui, jalur KCJB sekitar 142 km. Pada proses uji dinamis, kereta inspeksi akan melaju dengan kecepatan terbatas hingga maksimal 80 km per jam.

Persiapan uji dinamis kereta inspeksi ini terus dilakukan. Kereta tersebut perdana menjajal rel pada Kamis (10/11) kemarin. Pada persiapan uji dinamis, rangkaian kereta inspeksi KCJB melaju hingga DK126 atau Casting Yard 4 dengan kecepatan terbatas. Dalam persiapan uji dinamis ini dilakukan uji akselerasi hingga kecepatan 80 km per jam.

"Alhamdulillah persiapan uji dinamis kereta inspeksi yang dilakukan hari ini berjalan dengan baik. Persiapan uji dinamis ini akan terus kami lakukan agar semuanya berjalan lancar saat G20 showcase," ujar GM Corporate Secretary PT KCIC, Rahadian Ratry dalam keterangannya, Jumat (11/11/2022).

Pada persiapan uji dinamis yang digelar pada 10 November 2022, sistem kelistrikan sudah menyala. Selain itu dilakukan juga uji gerak, sistem pengereman pada kereta inspeksi hingga pengujian persinyalan.

"Kereta inspeksi ini adalah kereta yang akan digunakan pada uji dinamis dan hari ini merupakan hari perdana melaju di atas rel," ujar Rahadian.

Simak juga 'Biaya Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Bengkak Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT