Gudang Garam Diam-diam Mau Bangun Tol, Begini Persiapannya

ADVERTISEMENT

Gudang Garam Diam-diam Mau Bangun Tol, Begini Persiapannya

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 25 Nov 2022 13:43 WIB
PT Waskita Karya (Persero) Tbk menargetkan pembangunan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau Jalan Tol Becakayu beroperasi penuh tahun depan.
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Tol Kediri-Tulungagung yang diprakarsai perusahaan rokok Indonesia PT Gudang Garam Tbk akan mulai dibangun. Tol sepanjang 44,51 km tersebut saat ini sedang dalam proses tender.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan rencana tahun depan dilakukan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT).

"(Saat ini) proses lelang. Untuk tol Kediri-Tulung Agung rencana PPJT di kuartal IV tahun 2023," kata Danang saat dihubungi, Jumat (25/11/2022).

Mengutip laporan BPJT per November 2022, progres tender Tol Kediri-Tulungagung masih dalam evaluasi Dokumen Prakualifikasi Peserta, di mana Gudang Garam sudah dinyatakan sebagai pemenang tahapan prakualifikasi tender.

Nantinya setelah proses PPJT akan dilanjutkan dengan proses pendanaan, perencanaan teknis hingga pelaksanaan konstruksi. Dengan begitu untuk masa konstruksi masih membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Tol Kediri-Tulungagung direncanakan melewati Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung dan Kota Kediri, Jawa Timur. Tol itu merupakan lanjutan dari tol Kertosono-Kediri yang akan melintasi kawasan bandara Dhoho di Banyakan, Kabupaten Kediri.

Nilai investasi tol Kediri-Tulungagung mencapai Rp 10,25 triliun untuk 50 tahun masa konsesi. Lingkup proyek termasuk melakukan pendanaan dan pengadaan tanah, perencanaan teknis, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan untuk keseluruhan jalan tol.

(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT