Tak Sesuai Target Jokowi, Trans Sumatera Baru Sampai Jambi di 2024

ADVERTISEMENT

Tak Sesuai Target Jokowi, Trans Sumatera Baru Sampai Jambi di 2024

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 05 Des 2022 15:10 WIB
PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dalam waktu dekat akan segera mengoperasikan tanpa tarif jalan tol Lubuk Linggau - Curup Bengkulu Seksi 3 Bengkulu – Taba Penanjung sepanjang 17,60 Km.
Foto: Dok. HK
Jakarta -

Jalan tol Trans Sumatera menjadi salah satu proyek yang dibesut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak masa jabatan pertamanya memimpin Indonesia. Jokowi sendiri pernah menargetkan jalan tol Trans Sumatera akan tersambung penuh dari Lampung ke Aceh di tahun 2024.

Namun nyatanya, saat ini Kementerian BUMN menyatakan kemungkinan jalan tol Trans Sumatera cuma bisa tersambung sampai Jambi saja di tahun 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo di depan Komisi VI DPR. Pria yang akrab disapa Tiko itu mengatakan pihaknya dan Kementerian PUPR menyepakati tol Trans Sumatera cuma bakal beres sampai Jambi di tahun 2024.

"Kita sepakati di PUPR, bahwa target di pemerintahan ini (sampai 2024) kita selesaikan di Jambi. Terakhir dari Betung ke Jambi," papar Tiko dalam rapat kerja yang dilakukan pada Senin (5/12/2022).

Meski ruas utama yang menghubungkan Lampung sampai Aceh belum tersambung, Tiko menyatakan bila beberapa ruas sayap di Tol Trans Sumatera mulai banyak yang tersambung. Dia bilang masih ada 8 ruas jalan tol lagi di Sumatera yang bakal selesai pembangunannya hingga 2024.

"Beberapa ruas sayap kayak Padang-Sicincin, Bengkulu, Sigli-Banda Aceh juga bakal kami selesaikan," kata Tiko.

Dalam catatan detikcom, Presiden Jokowi sendiri pernah menetapkan target di tahun 2018 bahwa jalan Tol Trans Sumatera bakal tersambung penuh dari Lampung ke Aceh di tahun 2024.

Hal itu diungkapkan Jokowi setelah menjajal ruas pertama di Tol Trans Sumatera, Bakauheni-Terbanggi Besar yang mulai dibuka di akhir 2018 yang lalu.

"Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar hingga Palembang adalah bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera. Terhubung dari Bakauheni hingga Banda Aceh, mudah-mudahan Trans Sumatera bisa rampung pada tahun 2024 mendatang," kata Jokowi lewat akun Instagramnya, @jokowi, Jumat 23 November 2018 yang lalu.

(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT