Tiga Kali Ganti Kereta demi Sampai Kota Bandung

ADVERTISEMENT

Tiga Kali Ganti Kereta demi Sampai Kota Bandung

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 06 Des 2022 12:05 WIB
Monumen Purwa Aswa Purba, lokomotif kuno di depan Stasiun Bandung.
Stasiun Bandung/Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Proyek besar Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ditargetkan beroperasi Juni 2023. Dalam waktu yang relatif sebentar lagi, waktu tempuh dari Jakarta ke Bandung diklaim bisa sekitar 30-45 menit.

Waktu tempuh dari Jakarta ke Bandung menggunakan kereta cepat jauh lebih sat set dibandingkan menumpangi KA Argo Parahyangan yang dibayangi isu setop operasi seiring beroperasinya sepur cepat tersebut.

Jika menggunakan KA Argo Parahyangan, waktu tempuh Jakarta-Bandung sekitar 2,5 jam. Artinya, kehadiran kereta cepat bisa memangkas waktu 2 jam.

"KCJB hadir dengan menawarkan keunggulan yang salah satunya waktu tempuh singkat di mana penumpang hanya butuh 36 sampai 45 menit yang sebelumnya kurang lebih 2,5 jam untuk sampai ke tujuan yang dituju," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam seremoni Penyelesaian Manufaktur & Pengiriman Perdana EMU Proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung, Jumat (5/8/2022) lalu.

Namun, kecepatan waktu tempuh menggunakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung tidak mengantarkan penumpang sampai di Kota Bandung, melainkan di Tegalluar, Kabupaten Bandung. Untuk menuju Kota Bandung, penumpang kereta cepat harus turun di Stasiun Padalarang dan menyambung KA Feeder.

Jika ditarik dari pusat kota Jakarta, menuju Stasiun KCJB di Halim, Jakarta Timur bisa menumpangi LRT Jabodebek yang juga ditargetkan dalam waktu yang hampir bersamaan. Masyarakat bisa naik LRT Jabodebek dari Stasiun Dukuh Atas ke Halim dengan perjalanan 20 menit dengan headway 8 menit di jam sibuk.

"Masyarakat juga dapat menggunakan KRL Commuterline menuju stasiun yang terkoneksi dengan LRT Jabodebek yaitu Stasiun Sudirman dan Cawang untuk selanjutnya meneruskan perjalanan menggunakan LRT ke Stasiun KCJB Halim," kata VP Public Relation KAI Joni Martinus.

Perjalanan menggunakan KCJB dari Halim ke Padalarang membutuhkan waktu kurang dari 30 menit. Selanjutnya, penumpang KCJB beralih ke KA Feeder yang jadwalnya disesuaikan dengan kedatangan KCJB menuju Stasiun Bandung dengan waktu tempuh 18 menit.

EMU Kereta Cepat Jakarta-BandungEMU Kereta Cepat Jakarta-Bandung Foto: Dok. KCIC

Jika pelanggan berangkat dari Stasiun Dukuh Atas hingga mencapai Kota Bandung maka total waktu yang diperlukan mencapai satu jam lebih 20 menit. Namun jika berangkat dari Halim langsung pakai kereta cepat maka bisa hanya satu jam.

Sarana KA Feeder berupa lima rangkaian KRDE di mana setiap rangkaiannya terdiri dari lima kereta. Dalam satu rangkaian, KA Feeder KCJB berkapasitas 280 pelanggan.

Dengan demikian, untuk menuju Kota Bandung dari pusat Jakarta butuh tiga kali ganti kereta, mulai dari LRT Jabodebek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan KA Feeder dari Padalarang.

Foto udara gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di jalur Pancoran, Jakarta, Rabu (12/1/2022). Progres perkembangan pembangunan transportasi Lintas Rel Terpadu atau LRT yang akan melintas di Jakarta - Bogor - Depok - Bekasi (Jabodebek) tersebut sudah mencapai 88,60 persen, saat ini telah memasuki tahapan uji coba atau tahapan testing commisioning (tes fungsi) untuk rute Pancoran-Dukuh Atas. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.Foto udara gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di jalur Pancoran, Jakarta, Rabu (12/1/2022). Progres perkembangan pembangunan transportasi Lintas Rel Terpadu atau LRT yang akan melintas di Jakarta - Bogor - Depok - Bekasi (Jabodebek) tersebut sudah mencapai 88,60 persen, saat ini telah memasuki tahapan uji coba atau tahapan testing commisioning (tes fungsi) untuk rute Pancoran-Dukuh Atas. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc. Foto: Antara Foto

Simak juga Video: Luhut: Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Capai 80,40%

[Gambas:Video 20detik]




(ara/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT