Tol Trans Sumatera Tak Tembus Aceh di 2024, Kementerian BUMN Salahkan COVID-19

ADVERTISEMENT

Tol Trans Sumatera Tak Tembus Aceh di 2024, Kementerian BUMN Salahkan COVID-19

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 06 Des 2022 15:31 WIB
PT Hutama Karya terus menggenjot pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Perusahaan telah melakukan pembangunan JTTS tahap I sepanjang 1.064 km.
Foto: Dok. PT Hutama Karya
Jakarta -

Kementerian BUMN buka suara soal target pembangunan Tol Trans Sumatera tak sampai Aceh di tahun 2024. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pernah menargetkan jaringan Tol Trans Sumatera bakal menyambung dari Lampung di selatan Sumatera hingga Aceh di utara Sumatera.

Proyek ini sendiri digarap langsung oleh BUMN konstruksi PT Hutama Karya. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengakui memang target Tol Trans Sumatera tembus sampai Aceh di 2024 tidak akan tercapai.

Hal itu menurutnya tak lepas dari imbas pandemi COVID-19 yang membuat semua pekerjaan BUMN terhambat. Imbasnya menurut Arya sangat besar, terhadap keuangan BUMN dan juga proses konstruksi.

"Ya memang. Cuma kan kita kembali kemarin terhambat pas saat Corona. Dua tahun itu kita Corona, imbasnya besar juga itu. Itu jadi banyak yang terhambat, banyak juga yang agak mundur," ungkap Arya kepada wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (6/12/2022).

"Wajar aja itu mundur plan pak Jokowi karena Corona itu. Ini orang suka lupa dengan kondisi Corona itu. Parah kondisinya gitu," ujarnya.

Cuma yang jelas, Arya bilang pemerintah masih akan menyuntikkan dana ke PT Hutama Karya sebagai dukungan untuk menyelesaikan proyek Tol Trans Sumatera. Arya menjelaskan pihaknya akan menyesuaikan dana yang ada untuk penyelesaian proyek.

"Yang pasti kita tahun depan itu dapat lagi PMN untuk bangun Trans Sumatera. Kita sesuaikan dengan dana yang ada pembangunannya," pungkas Arya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Lihat juga Video: Hutama Karya Kembangkan Kompos dari Maggot di JTTS

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT