Sederet Rencana Bangun Jalur MRT Baru dari Fatmawati-Kampung Rambutan

ADVERTISEMENT

Sederet Rencana Bangun Jalur MRT Baru dari Fatmawati-Kampung Rambutan

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Rabu, 07 Des 2022 07:00 WIB
Pengerjaan MRT Jakarta Fase 2A terus dikebut, salah satunya pengerjaan paket CP 201 yang menghubungkan Bundaran HI-Harmoni. Begini progres terkini proyek tersebut.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pembangunan jalur baru Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase 4 Fatmawati-Kampung Rambutan akan dimulai pada tahun 2025. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat dalam Forum Jurnalis MRT Jakarta pada Selasa (6/12/2022).

Dalam proses pembangunannya, MRT Jakarta berharap dapat menggunakan dana nonpemerintah. "Inisiatornya nanti kita harapkan dari private sector dari Korea, ada beberapa. Tapi ini masih belum ditetapkan sebagai pelaksana, karena ini adalah inisiatif," ujar Tuhiyat.

Meski demikian, telah dilakukan penandatangan MoU untuk pembangunan MRT Jakarta Fase 4 antara Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Menteri Agraria, Infrastruktur, dan Transportasi Korea Selatan, serta PJ Gubernur DKI Jakarta pada saat acara G20 lalu.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa progres untuk pembangunan MRT Jakarta Fase 4 rute Fatmawati-Kampung Rambutan sudah meliputi tahap preliminary survei, preliminary desain, dan preliminary riset.

Lintasan MRT Jakarta Fase 4 rute Fatmawati-Kampung Rambutan akan dibangun di bawah tanah (underground) dan juga akan dibangun depo di Kampung Rambutan. Lintasannya membentang sepanjang 10,9 kilometer (km).

Selain itu, di One Belpark, Fatmawati akan dibangun hunian terjangkau sebanyak 750 unit. Hingga saat ini, proyek tersebut sudah membangun sekitar 350 unit atau sudah berprogres 81%.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT