Akses ke Masjid Al Jabbar Macet Panjang, Ini Tips dari Ridwan Kamil

ADVERTISEMENT

Akses ke Masjid Al Jabbar Macet Panjang, Ini Tips dari Ridwan Kamil

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 17 Jan 2023 14:29 WIB
Masjid Al Jabbar adalah salah satu masjid baru di Jawa Barat yang diresmikan pada Desember 2022. Masjid Al Jabbar berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat.
Masjid Al Jabbar/Foto: SOPA Images/LightRocket via Gett/SOPA Images
Jakarta -

Akses jalan menuju Masjid Al Jabbar, Bandung, kerap mengalami kemacetan panjang. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan hal ini lantaran pengunjung menumpuk di Jalan Cimincrang.

Lewat akun instagramnya @ridwankamil, mantan Wali Kota Bandung ini menyarankan masyarakat yang ingin mengunjungi Masjid Al Jabbar bisa melalui Jalan Gedebage Selatan. Dia bilang, selama ini akses warga menumpuk di Jalan Cimincrang.

"Jadi tidak semua bertumpuk padat di jalan Cimincrang seperti selama ini." tulisnya, dikutip Selasa (17/1/2023).

Ridwan Kamil menjelaskan, saat ini akses lainnya dari Tol Padaleunyi di KM 149 sedang diperbaiki. Akses utama untuk mobil dan bus ini diharapkan bisa menambah alternatif lain akses ke Masjid Al Jabbar.

"Dalam waktu dekat, Sekitar 3-4 bulan, akses utama untuk mobil/bus dari Tol Padaleunyi di Km 149 yang sedang perbaikan, sudah bisa digunakan," tulisnya.

Selain itu ada akses baru, yakni sodetan dari Jalan Soekarno Hatta. "Sedang diupayakan bersamaan dengan akses tambahan berikutnya yaitu melipir rel KA dari Jalan Gede Bage Selatan." kata pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

"Demikian upaya yang telah dan sedang dilakukan. Mohon maaf jika sebelum kondisi ideal ini, terdapat ketidaknyamanan khususnya kepada warga sekitar kawasana. Hatur Nuhun," tutupnya.

Kemacetan di akses menuju Masjid Al Jabbar memang kerap terjadi. Kemacetan ini terjadi di beberapa ruas jalan.

Salah satunya yang dimulai sejak Gapura Jalan Cimincrang di Jalan Soekarno Hatta yang berjarak sekitar 1,2 km dari Masjid Al Jabbar. Kemacetan juga terjadi di Jalan Soekarno Hatta lebih dari 100 meter sebelum belok ke Gapura Cimincrang.

Faktor lain dari kemacetan adalah perlintasan rel kereta api, di mana setiap 20-30 menit sekali kereta melintas di perlintasan sebidang Jalan Cimincrang.

Lihat juga video 'Heboh Kolam Masjid Al Jabbar Jadi Tempat Renang Pengunjung':

[Gambas:Video 20detik]



(eds/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT