Operasi Juli 2023, LRT Jabodebek Sudah Selesai 88,4%

ADVERTISEMENT

Operasi Juli 2023, LRT Jabodebek Sudah Selesai 88,4%

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 17 Jan 2023 14:40 WIB
Jakarta -

LRT Jabodebek akan mulai beroperasi Juli 2023 mendatang. Kepala Divisi LRT Jabodetabek dari PT KAI (Persero) Mochamad Purnomosidi menjelaskan sampai saat ini progres LRT Jabodebek mencapai 88,4%.

Menurut Purnomo, sampai saat ini infrastruktur LRT Jabodebek sebetulnya sudah selesai semua. Hanya saja menyisakan pekerjaan-pekerjaan kecil konstruksi saja, khususnya di sekitaran depo.

Namun, yang masih jadi fokus pengerjaan adalah penyempurnaan sistem otomatis untuk menggantikan peran masinis pada operasional LRT Jabodebek.

"Overall progres 88,4% jadi sekarang menyisakan pengujian lintas layanan 1,2,3 dan depo. Infrastruktur sebenarnya selesai. Sekarang kita uji bagaimana sistem kita bisa hilangkan peran masinis dan diganti sistem," ungkap Purnomo ketika ditemui di Kantor OCC Depo LRT Jabodebek Bekasi, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023).

Beda dengan moda transportasi perkeretaapian biasanya, LRT Jabodebek menggunakan teknologi yang sangat canggih. LRT Jabodebek akan dioperasikan menggunakan sistem Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) level 3.

Sistem CBTC adalah sistem pengoperasian kereta berbasis komunikasi, sehingga sistem dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal secara otomatis dari pusat kendali operasi serta tanpa masinis.

"Jadi nanti pergerakan kereta dari mainline ke depo sudah bisa diselesaikan. Kita optimis Juli bisa operasi komersial sesuai yang disampaikan Pak Presiden," ujar Purnomo.

Dari pantauan detikcom di Depo LRT Jabodebek Bekasi, pembangunan depo sudah sangat pesat kemajuannya. Setidaknya untuk parkir kereta LRT Jabodebek sudah bisa dilakukan di fasilitas light maintenance.

Di Depo LRT Jabodebek sendiri ada setidaknya 3 bangunan. Pertama bangunan light maintenance atau bengkel perawatan ringan, kemudian bangunan operation control center (OCC), dan bangunan heavy maintenance.

Di bangunan light maintenance nampak ada parkir LRT Jabodebek dan juga fasilitas perawatan ringan mulai dari perawatan harian, bulanan, hingga 1 tahunan. Sementara itu di gedung heavy maintenance akan digunakan untuk perawatan besar kereta LRT Jabodebek.

Sementara itu, di dalam Gedung OCC terdapat pusat kontrol LRT Jabodebek dan juga fasilitas pelatihan untuk train attendant.

(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT