LRT Jabodebek Bakal Pakai Kereta yang Kecelakaan di 2021

ADVERTISEMENT

LRT Jabodebek Bakal Pakai Kereta yang Kecelakaan di 2021

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 17 Jan 2023 19:00 WIB
LRT Jabodebek akan mulai beroperasi Juli 2023 mendatang. Yuk kita lihat progres pembangunan Depo LRT Jabodebek Bekasi.
Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta -

LRT Jabodebek bakal kembali menggunakan beberapa trainset yang mengalami kecelakaan di tahun 2021. Kereta tersebut akan masuk ke dalam 31 trainset LRT Jabodebek yang bakal digunakan mulai Juli 2023 mendatang.

Kepala Divisi LRT Jabodebek KAI Mochamad Purnomosidi mengatakan kereta yang rusak akibat kecelakaan akan diperbaiki oleh PT INKA dan dikirim kembali dalam waktu dekat.

"Nanti akan digunakan kembali setelah diperbaiki oleh INKA, nanti akan dikirim ke sini," ujar Purnomosidi saat ditemui di Gedung OCC Depo LRT Jabodebek Jatimulya Bekasi, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023).

Meski menggunakan kereta yang pernah kecelakaan, Purnomo menegaskan keterjaminan keselamatan kereta di atas 100%. INKA menurutnya sudah melakukan perbaikan dan reparasi total dari kereta-kereta yang pernah kecelakaan tersebut.

Pihaknya dan INKA juga sudah melakukan pengujian bersama kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam melakukan asessment teknikal.

"Kereta yang paling rusak bener-bener diganti INKA full kepalanya. Bukan barang reject terus diperbaiki. Jadi kemarin yang benturan hadap-hadapan gini ya, nah yang dua ini kepala dan kepala sama INKA diganti. Beli baru mereka," jelas Purnomosidi.

Di sisi lain, Manager Public Relation LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan Juli nanti, LRT Jabodebek akan mengoperasikan 31 trainset. Dia menjelaskan saat ini sudah datang 28 unit, 27 di antaranya sudah diuji coba. Hanya satu trainset yang belum diuji coba karena baru tiba.

"Sisa 3 kereta kepastiannya datang saya belum tahu. Yang jelas sebelum Maret datang keretanya," jelas Kuswardojo di tempat yang sama.

Untuk pengoperasian, LRT Jabodebek akan menggunakan 20 kereta sekaligus. Sisanya akan melakukan perawatan rutin di depo dan juga menjadi kereta cadangan.

"Jadi nanti perawatan itu akan bergiliran. Karena perawatan tidak butuh waktu lama, dan semua dikerjakan lewat sistem. Jadi bukan lagi human," kata Kuswardojo.

Oktober 2021 yang lalu, ada 2 kereta LRT Jabodebek yang mengalami insiden kecelakaan di kawasan Munjul, Jakarta Timur, Oktober 2021. Kereta tersebut dikembalikan ke pabrik INKA untuk dilakukan reparasi.

(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT