Bandara Bali Utara Ditolak Megawati Sampai Ngamuk, Kemenhub Lebih Pilih Ini

ADVERTISEMENT

Bandara Bali Utara Ditolak Megawati Sampai Ngamuk, Kemenhub Lebih Pilih Ini

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 18 Jan 2023 15:51 WIB
Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati,
Foto: Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati (Dok Kemenhub)
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara soal rencana pembangunan Bandara Bali Utara di Buleleng. Pihaknya lebih mendorong agar semua infrastruktur transportasi yang ada di Bali dikembangkan, dibandingkan membangun bandara baru.

Hal itu dikatakan Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati. Sebelumnya rencana pembangunan Bandara Bali Utara juga mendapat penolakan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kita melihat lebih baik mengintegrasikan semua dan mengembangkan semua infrastruktur transportasi yang ada (di Bali) dibandingkan membangun bandara baru untuk saat ini," kata Adita kepada wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (18/1/2023).

Kemenhub melihat kapasitas Bandara Ngurah Rai yang ada di Bali sekarang masih bisa ditingkatkan. Rencananya tahun ini kapasitas bandara itu ditingkatkan menjadi 35 juta penumpang/tahun atau tiga kali lipat dari kapasitas saat ini.

Saat ditanya apakah pembangunan Bandara Bali Utara otomatis tidak akan dilanjutkan, Adita hanya menyebut saat ini pembangunan tersebut tidak menjadi fokus pemerintah. Pasalnya proyek itu juga telah dicoret dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

Pemerintah lebih pilih fokus mengembangkan Bandara Ngurah Rai. Dengan adanya rencana maskapai Emirates dengan pesawat Wide Body Airbus A380 pada pertengahan 2023, dinilai perlu ditingkatkan kapasitas perpanjangan runway, serta pengembangan terminal maupun apron.

"Karena tidak ada di PSN, ya kami tentu akan lebih fokus dulu untuk bangun pengembangan Ngurah Rai yang ada. AP (Angkasa Pura) 1 juga sudah confirm akan melakukan peningkatan kapasitas, ya kita optimalkan yang ada dulu," tuturnya.

Terkait rencana pembangunan Bandara Bali Utara yang dikabarkan masih dilanjutkan PT BIBU, Adita meminta hal itu dikonfirmasi langsung kepada pihak yang bersangkutan. "Yang jelas kalau dari Kemenhub seperti itu," tambahnya.

Lihat juga video 'Amarah Plt Dirjen Imigrasi ke Bank di Gerai VoA Saat Sidak Bandara Bali':

[Gambas:Video 20detik]



Megawati ngamuk soal Bandara Bali Utara di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT