Jengkel Truk Obesitas Masih Wira-wiri, Basuki: Masak Orang Langgar Dikasih Relaksasi Terus

ADVERTISEMENT

Jengkel Truk Obesitas Masih Wira-wiri, Basuki: Masak Orang Langgar Dikasih Relaksasi Terus

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 25 Jan 2023 19:30 WIB
Pelarangan truk memuat barang dengan kapasitas berlebih terus disosialisasikan. Hal itu membuat negara rugi tiap tahunnya untuk perbaiki jalan yang rusak.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku jengkel sampai saat ini masih banyak truk obesitas alias over dimension over load (ODOL). Kendaraan macam ini ikut berkontribusi pada kerusakan jalan-jalan yang ada di Indonesia.

Basuki mengaku dirinya kesal sampai saat ini larangan kendaraan ODOL belum diberlakukan secara penuh. Selalu saja ada relaksasi yang diberikan untuk kendaraan obesitas.

"Kalau saya sih sudah (jengkel). Masak orang langgar dikasih relaksasi terus," kata Basuki dengan nada ketus kepada wartawan usai melakukan rapat terbatas, Rabu (25/1/2023).

Sampai saat ini, menurutnya belum ada kesepakatan yang bulat untuk melarang truk obesitas. Meskipun, Kementerian Perhubungan dan pihaknya sudah siap melakukan pelarangan secara penuh hanya saja masih banyak koordinasi yang mesti dilakukan dengan instansi lainnya.

"Masih kita tangani terus, cuman belum ada kesepakatan (pelarangan secara penuh). Kan tidak Kemenhub dan PUPR saja ini. Harus ada (Kementerian) Perdagangan, Korlantas Polri, dan (Kementerian) Perindustrian," papar Basuki.

Kementerian Perhubungan menyatakan pemerintah akan tetap menerapkan larangan truk obesitas alias truk over dimension over load (ODOL) di tahun 2023. Kebijakan Zero ODOL 2023 tidak akan mengalami penundaan lagi.

Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengatakan kebijakan ini sudah menjadi kebijakan bersama antar pemangku kepentingan.

"Jadi kebijakan 2023 karena ini kebijakan bersama Kemenhub, Kementerian PUPR, Kementerian Perindustrian dan Korlantas Polri. Sampai hari ini tak ada kebijakan pencabutan atau penundaan Zero ODOL 2023," kata Hendro dalam Jumpa Pers Kemenhub Akhir Tahun 2022 di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (27/12/2022) yang lalu.

Terakhir, Hendro menjelaskan pihaknya sedang menyusun rencana aksi untuk menerapkan kebijakan zero ODOL ini di tahun 2023.

"Zero ODOL hasil kesepakatan kementerian/lembaga terkait, berlaku 2023. Kita sedang menyusun tahapan-tahapan action plan-nya," katanya kepada detikcom, Minggu (8/1/2023) yang lalu.

(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT