Setelah Tol Kelar, Balikpapan ke Pusat Inti IKN Cuma 30 Menit

ADVERTISEMENT

Setelah Tol Kelar, Balikpapan ke Pusat Inti IKN Cuma 30 Menit

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 22 Feb 2023 21:01 WIB
Presiden Joko Widodo mengecek proyek pembangunan IKN Nusantara di Kaltim
Presiden Joko Widodo sedang mengecek proyek IKN Tol Nusantara, termasuk tol dari Balikpapan ke kawasan IKN.Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek pembangunan Jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kalimantan Timur. Nantinya tol ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke kawasan inti IKN menjadi hanya 30 menit perjalanan.

Jokowi mengatakan jalan tol ini akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam). Jalan ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya dari sekitar dua jam menjadi hanya 30 menit.

"Ini jalan tol dari Balikpapan menuju ke Kawasan Inti IKN yang jaraknya kurang lebih 50-an kilometer (km) dapat ditempuh kurang lebih 30 menit dari Balikpapan sudah berjalan di lapangan, kita bisa lihat. Kita harapkan ini menjadi infrastruktur pertama yang dibangun dalam rangka pembangunan IKN," kata Jokowi, dikutip dari keterangan tertulis Kementerian PUPR Rabu (22/2/2023).

Saat ini, proyek pembangunan dari jalur tersebut telah mulai berjalan pada tiga segmen, antara lain Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Segmen 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km akan rampung akhir 2024.

Oleh karena itu, Jokowi optimistis proyek Jalan Tol IKN ini akan rampung pada akhir tahun 2024. "Jalan tol ini InshaAllah akan diselesaikan pada akhir 2024," ujar Jokowi.

Lebih lanjut ia berpesan, agar pembangunan jalan bebas hambatan tersebut tetap berprinsip terhadap konsep yang ditetapkan secara bersama dalam pembangunan IKN yaitu kota hutan dan kota pintar alias smart forest city.

"Yang paling penting yang selalu saya ingatkan untuk yang di lapangan adalah berkaitan dengan lingkungan, karena konsep kota yang ingin kita hadirkan di Ibu Kota Nusantara adalah konsep lingkungan," kata Jokowi.

"Sehingga sekecil apapun yang berkaitan dengan lingkungan itu harus diperhatikan. Kalau ada yang berkaitan dengan lingkungan tidak diperhatikan, saya pastikan akan saya tegur," lanjutnya.

Soal isu lingkungan di halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT