Lakukan 5 Cara Ini Supaya Bisnis Angkringan Makin Maju

Iim Rusyamsi - detikFinance
Selasa, 26 Jan 2021 12:09 WIB
Pedagang angkringan di Alun-alun Kudus masih buka hingga pukul 19.30 WIB saat PKM hari pertama, Senin (11/1/2021)
Foto: Dian Utoro Aji/detikcom
Jakarta -

Pertanyaan dari pembaca: Saya Awang Nur. Saya punya usaha angkringan sampai saat ini pertanyaan saya bagaimana caranya saya menekan pengeluaran yang besar di usaha saya. Hasil tertinggi yang saya dapat 1 malam bisa mencapai Rp 1,3 juta sedangkan operasional saya besar. Apakah saya harus ambil pesanan dari luar atau mengolah masakan sendiri?

Jawaban:

Terimakasih atas pertanyaan saudara.

Agar mendapat keuntungan lebih, anda harus mengetahui cara menekan pengeluaran yang besar. Terkadang pengeluaran besar bukan dikarenakan hal yang membutuhkan biaya paling banyak. Maka dari itu, penting untuk melakukan perencanaan dari awal. Meskipun bentuk usaha dijalankan tergolong usaha kecil menengah.

Cara Menekan Pengeluaran yang Besar untuk Meminimalisir Kerugian

Angkringan merupakan salah satu usaha warung makan kecil yang juga menyediakan tempat berkumpul dan bersantai dengan teman ataupun kerabat. Membuka usaha di bidang kuliner memang terlihat sangat menjanjikan. Namun harus dijalankan dengan tepat agar semakin berkembang.

Membengkaknya pengeluaran merupakan masalah yang cukup kritis dan sering dialami oleh para pengusaha. Ketidakefektifan dalam mengelola uang bisa menjadikan pendapatan lebih kecil daripada pengeluaran. Untuk itu, diperlukan perencanaan yang matang.

Biaya operasional merupakan biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan aktivitas usaha sehari-hari. Hal ini termasuk biaya sewa,, gaji karyawan, transportasi dan lain-lain. Biasanya biaya ini yang membutuhkan pengeluaran paling besar.

1. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Cara menekan pengeluaran yang besar dengan mencatat segala pemasukan dan pengurangan terlebih dahulu. Sehingga anda dapat mengetahui perkembangan usaha. Anda juga bisa mengetahui apa saja yang membutuhkan biaya terlalu besar, jadi anda bisa mencari solusinya.

Selain itu, dengan memperhatikan pemasukan dan pengeluaran usaha, maka anda bisa mengetahui biaya-biaya apa saja yang akan dibutuhkan. Jangan mengeluarkan biaya untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Ini bisa meminimalisir pengeluaran anda.

2. Meminimalkan Pembelian Barang

Bila alat-alat dan perlengkapan anda masih berfungsi baik, jangan tergoda untuk membeli yang baru. Namun jika memang harus membeli atau menambah perlengkapan baru, pilihlah yang murah tetapi dengan kualitas yang cukup baik.

3. Menghemat Bahan Baku

Dalam membeli bahan baku, sesuaikan dengan menu yang anda sajikan di angkringan. Sehingga bisa meminimalisir kebutuhan yang tidak terlalu penting. Pilihlah bahan baku yang murah, namun tetap memiliki kualitas yang baik. Anda bisa bernegosiasi dengan penjual untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Menu makanan dan minuman salah satu hal yang membutuhkan pengeluaran paling besar pada usaha angkringan ini. Apalagi jika anda mengambil pesanan dari luar dan tidak mengolah makanan sendiri. Jadi, lebih baik anda mengolah makanan dan minuman sendiri. Cara menekan pengeluaran yang besar ini bisa meminimalisir pengeluaran anda.

Dengan makanan yang diolah sendiri, anda bisa sesuaikan dengan kemauan konsumen. Anda juga bisa sesuaikan dengan menu-menu yang tengah populer atau laris di angkringan. Selain itu, anda juga bisa menjamin kebersihan makanan.

Meskipun anda mengolah makanan sendiri bukan berarti anda tidak bisa mengambil makanan dari luar. Anda bisa menambahkan makanan pendamping seperti kerupuk dan snack-snack lain. Sehingga, angkringan anda lebih beragam dan konsumen pun tidak mudah bosan.

4. Menghemat Tenaga Kerja

Apabila menggunakan tenaga kerja, anda dapat meminimalisir biayanya dengan cara mengurangi jumlah tenaga kerja. Gunakan tenaga kerja seefisien mungkin sesuai dengan kebutuhan. Namun bila tidak memiliki tenaga kerja, tentunya akan semakin meminimalisir biaya operasional ini.

5. Meminimalisir Pengeluaran dalam Proses Produksi

Cara menekan pengeluaran yang besar selanjutnya dengan memangkas biaya proses produksi yang tidak terlalu penting. Menu-menu di angkringan juga menentukan biaya ini. Nah, dengan biaya produksi yang anda kelola sendiri dapat mengurangi biaya operasionalnya.

Biaya proses produksi ini juga harus anda kelola dengan baik. Kontrol penggunaan air, listrik dan gas. Meskipun terlihat sepele, namun tetap harus anda perhatikan. Karena bila tidak, akan terjadi pemborosan yang berujung kerugian.

Tips Menjalankan Usaha Angkringan

- Pilihlah menu makanan dan minuman yang beraneka macam.
- Jangan lupa untuk mematok harga yang tidak terlalu mahal. Karena anda mengolah makanan sendiri, anda dapat memperkirakan harga yang cocok.
- Buatlah suasana yang nyaman sehingga pengunjung pun akan merasa betah berlama-lama di angkringan anda.
- Berikan juga pelayanan yang ramah dan bersahabat.
- Usahakan menggunakan tempat yang sekiranya ramai dan strategis.
- Perhatikan juga kebersihan dan keamanan lingkungan angkringan anda, agar pengunjung merasa nyaman.

Nah, demikian cara menekan pengeluaran yang besar pada usaha angkringan anda. Pengeluaran bisa terkendali apabila anda mengolah masakan sendiri dan memperhatikan tips di atas. Semoga penjelasan ini dapat membantu dan menjawab pertanyaan anda. Sehingga usaha anda bisa semakin berkembang.



Simak Video "Coach Yudi Beri Tips Beradaptasi Saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)