Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Koki Duit Rencana Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik
Follow detikFinance
Senin 07 Aug 2017, 07:13 WIB

Punya Uang Sisa Rp 1 Juta/Bulan, Investasi Apa Ya?

Eko Endarto - detikFinance
Punya Uang Sisa Rp 1 Juta/Bulan, Investasi Apa Ya? Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Pertanyaan: Saya tiap bulan bisa saving Rp 1 juta, investasi apa yang harus saya ambil? Emas, saham, reksa dana, atau asuransi? Investasi mana yang baik untuk jangka panjang (pensiun dan pendidikan) dan jangka pendek (mudah dicairkan sewaktu-waktu dibutuhkan)? Bisa sebutkan instansi terpercaya yang memiliki produk investasi tersebut?

Terima kasih
Jacky

Jawaban:
Hi Jacky,
Suatu prestasi yang luar biasa ketika Anda bisa menyisihkan sebesar Rp 1 juta per bulan. Untuk target dan tujuan Anda yaitu jangka pendek dan panjang tentu harus digunakan sarana investasi yang berbeda. Untuk jangka pendek dengan horison waktu sampai dengan 1 tahun ke depan, di mana likuiditas yang diutamakan, maka deposito dan reksa dana pasar uang adalah produk yang cocok untuk tujuan tersebut, karena karakteristiknya yang mudah untuk dicairkan dan risiko fluktuasi yang tidak besar.

Sebaliknya, untuk jangka waktu panjang dan sangat panjang dengan horison waktu yang lebh dari 8 tahun ke depan, Anda bisa gunakan sarana saham atau property sebagai produknya. memang mungkin properti tidak akan bisa dicapai dengan dana Rp 1 juta per bulan. Tapi minimal bisa dikumpulkan dulu untuk mengejar dana DP dan kemudian dikembangkan dengan KPR.

Untuk instansi, pada dasarnya yang harus Jacky perhatikan adalah legalitasnya yang harus terdaftar dan diawasi oleh Otoritas jasa Keuangan (OJK), dan juga pasti kinerjanya, Itu bisa Jacky lihat dari historical data yang dimiliki produk tadi.

Mungkin itu jawaban singkat saya, Selamat memulai investasinya. (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed