Platform Ini Buka Lowongan Pelatihan-Magang ke Perusahaan Terkenal

Ahlu Dzikri - detikFinance
Selasa, 10 Mei 2022 16:32 WIB
Peserta magang ke Jepang.
Foto: dok. Kemnaker
Jakarta -

Platform pelatihan vokasional Rakamin Academy membuka pendaftaran magang melalui program Virtual Internship Experience (VIX). Program ini didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Program tersebut memberikan layanan pembelajaran daring dari para ahli ternama, mentoring dan pengerjaan tugas sesuai standar perusahaan teknologi tingkat nasional dan internasional.

CEO Rakamin Academy Andika Deni Prasetyo mengatakan masalah pengangguran bukan dilihat dari seberapa besar angka pengangguran, tapi (skill gap) di mana banyak lulusan SMK/perguruan tinggi yang tidak memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Sehingga banyak dari mereka yang justru menganggur.

"Magang dilihat sebagai salah satu cara menghilangkan gap tersebut, maka dari itu program ini memberikan solusi dan inovasi pada platform kami berupa layanan pelatihan dan pemagangan melalui produk VIX (magang virtual)," ucap Andika, dalam keterangan tertulis, Selasa (10/05/2022).

"Produk ini mampu memberikan pengalaman magang yang dapat memenuhi standar dan ekspektasi perusahaan yang membutuhkan talenta berkualitas. Sehingga, lowongan magang dan kesempatan di hire (posisi full time) akan semakin lebar," sambungnya.

Andika mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) yang memperlihatkan angka pengangguran di Indonesia pada tahun 2021 sebesar 6,49%.

"Pemerintah khususnya Kemenaker seharusnya lebih meningkatkan mutu pendidikan, memperbanyak mendirikan pusat-pusat latihan kerja seperti Rakamin Academy yang sudah dipercaya atau ditunjuk oleh Kominfo sebagai official partner untuk meng-handle program-program pemagangan," jelas Andika.

"Rakamin selalu berkomitmen membantu dan membekali para siswa dan siswi bertalenta yang berniat untuk magang di perusahaan-perusahaan ternama. Sehingga nantinya para siswa-siswi tersebut dapat bersaing dalam dunia kerja sesungguhnya," lanjutnya.

Andika menyebutkan dalam kurun waktu tiga minggu pendaftar VIX telah mencapai lebih dari 3.000 pendaftar. Mereka telah mendaftar ke berbagai perusahaan yang bekerja sama dengan Rakamin Academy.

"Di antaranya Niagahoster, Investree, Bank Muamalat, Jackmall, Erajaya, ID/X Partners, Kimia Farma, Amoeba by Telkom Indonesia, dan masih banyak lagi, lebih dari 3.000 pendaftar," paparnya.

Selain itu, terdapat lowongan magang yang tersedia meliputi Business Intelligence, Backend & Fullstack Development, Front End Web Developer, Digital Performance, Digital Marketing, Big Data, SEO, dan Data Scientist.

"Ke depannya, program Virtual Internship Experience akan menambah jumlah mitra hingga 50 perusahaan dan akan berisikan lebih dari 5000 lowongan kerja," ucap Andika.

Para pendaftar dapat melakukan pendaftaran secara online, ke alamat https://www.rakamin.com/virtual-internship-experience/.

"Untuk pendaftaran periode magang bulan Mei telah ditutup (06/05/2022), namun pendaftaran akan dibuka setiap bulannya, terdekat akan dimulai pada tanggal 23 Mei 2022, untuk periode magang Juni," pungkasnya.

(prf/hns)