Lulusan Baru Wajib Tahu! 8 Skill Pekerjaan yang Dicari Perusahaan

ADVERTISEMENT

Lulusan Baru Wajib Tahu! 8 Skill Pekerjaan yang Dicari Perusahaan

Sukma Nur - detikFinance
Senin, 13 Mar 2023 10:07 WIB
Ilustrasi Bekerja
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Saat ini persaingan dalam mencari kerja semakin terasa berat setiap harinya. Apalagi untuk fresh graduate yang baru akan terjun ke dunia pekerjaan dan masih minim pengalaman.

Namun, meskipun minim akan pengalaman, kamu yang fresh graduate tetap bisa menjadi kandidat yang banyak dicari perusahaan. Asalkan kamu bisa memiliki employability skill atau yang disebut dengan soft skill yang juga ditonjolkan saat menulis deskripsi diri pada CV.

Mengutip dari laman resmi Youth Central Australia, soft skill merupakan keterampilan yang beragam. Mulai dari komunikasi hingga kerja sama. Melansir dari laman detikedu dan Jobstreet berikut adalah soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja dan banyak dicari oleh perusahaan.

1. Komunikasi Secara Profesional

Komunikasi menjadi hal penting dan dianggap sebagai kemampuan utama yang harus dimiliki oleh setiap orang. Sebab, kemampuan satu ini akan membantu kamu menyampaikan pesan dengan jelas ke berbagai macam tipe orang di dalam dunia kerja.

Karena itu, berkomunikasi secara lisan dan tulisan secara profesional dianggap menjadi sangat penting dan dibutuhkan agar tidak ada kesalahpahaman yang terjadi.

2. Kerja Sama Tim

Kerja sama tim bisa diartikan mampu bekerja dengan baik bersama orang-orang yang ada di lingkungan kamu saat ini. Kerja sama tersebut bertujuan untuk mencapai tujuan bersama dan tidak merugikan berbagai pihak.

Memiliki kemampuan kerja sama yang baik bisa membantu kamu mudah untuk diajakan berkolaborasi dan kerja secara profesional.

3. Negosisasi

Negosisasi menjadi salah satu soft skill yang juga tak kalah penting. Pasalnya kemampuan satu ini berhubungan dengan bagaimana cara kamu berkomunikasi dan bagaimana kamu mencari solusi untuk memecahkan masalah dalam pekerjaan.

Kemampuan ini juga menguntungkan kamu ketika memiliki deadline pekerjaan di waktu yang sama. Dengan bernegosiasi kamu bisa membicarakan mengenai proses pengerjaannya dengan pihak terkait dan mencari jalan tengah untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi.

4. Menyelesaikan Masalah (Problem Solving)

Kemampuan menyelesaikan masalah atau problem solving berarti menunjukkan keahlian kamu dalam berpikir logis saat berhadapan dengan suatu masalah. Kemampuan ini penting dalam dunia kerja karena akan menunjukan bagaimana kamu mencari solusi dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

5. Inisiatif Mau Belajar dan Berusaha

Kemampuan satu ini berarti kamu memiliki inisiatif dan berusaha mencari sesuatu yang harus dikerjakan tanpa harus disuruh. Kemampuan ini tentunya melibatkan berpikir kreatif kamu untuk meningkatkan pekerjaan sebelumnya.

6. Manajemen Waktu

Kamu harus memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. Karena setiap perusahaan ingin karyawannya bisa melakukan pekerjaan dengan benar dan efisien.

Karena itu kamu dituntut untuk peka dengan waktu karena dilihat bagaimana kamu mengelola pekerjaan dengan mempertimbangkan waktu tersebut. Kemampuan ini terlihat sederhana dan mudah, namun kenyataannya cukup sulit untuk dilakukan dan tidak semua orang mampu melakukannya.

7. Kemampuan Emosional

Pekerjaan di kantor bisa saja mempengaruhi perasaan kamu. Namun, seorang pekerja profesional yang baik memiliki kemampuan emosional yang baik.

Kemampuan emosional ini meliputi kesadaran akan kondisi emosional itu sendiri, kemampuan menganalisa danmengobservasi perasaan serta tidak mengesampingkan perasaan saat mengambil keputusan dan

8. Melek Teknologi dan Internet

Saat ini teknologi bergerak sangat cepat. Karena itu, kemampuan akan melek teknologi sangat dibutuhkan.

Apalagi sekarang adalah era digitalisasi di mana hampir semua pekerjaan menggunakan teknologi dan internet. Maka tidak heran skill satu ini juga menjadi salah satu soft skill yang banyak dicari oleh perusahaan.

Itu adalah 8 soft skill yang kini banyak dicari perusahaan dari kandidat pelamar. Jadi untuk para lulusan baru atau fresh graduate jangan malas dan ini saatnya untuk terus meng-upgrade diri dengan berbagai macam skill yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Jika kamu sudah mengupgrade diri dan memiliki kemampuan tersebut, kamu juga bisa menunjukkannya melalui deskripsi diri pada CV. Setelahnya jangan ragu untuk memperbarui profil JobStreet kamu agar bisa memperoleh berbagai kesempatan untuk mengaplikasikan berbagai skill yang kamu miliki saat ini.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT