Kementerian Luar Negeri Cari 125 CPNS, Ini Syaratnya

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Rabu, 19 Sep 2018 14:15 WIB
Foto: Seysha Desnikia/detikcom
Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia telah mengumumkan formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018. Berdasarkan surat pengumuman Kementerian Luar Negeri Nomor 14938/KP/09/2018/03, setidaknya ada 10 unit kerja yang mendapatkan alokasi formasi atau alokasi penempatan.

Kesepuluh unit kerja tersebut di antaranya Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa, Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN, Direktorat Jenderal Kerja Sama Multilateral, Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional. Lalu Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler, lnspektorat Jenderal serta Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan.

Dari kesepuluh unit kerja yang dibuka lowongannya, total ada 125 CPNS yang dicari untuk menempati posisi tersebut. Jabatan yang disediakan di antaranya sebagai diplomat, auditor, perencana, analis kepegawaian, perancang peraturan perundang-undangan, pustakawan dan pranata komputer.

Formasi tersebut disediakan untuk kategori umum, cumlaude serta putra/putri Papua dan Papua Barat. Adapun masing masing jabatan yang diperuntukkan bagi pelamar memiliki beberapa kriteria, di antaranya:

a. Untuk kategori putra/putri Iulusan terbaik berpredikat dengan pujian (Cumlaude) dari perguruan tinggi dalam atau luar negeri adalah dikhususkan bagi putra/putri lulusan jenjang pendidikan Strata 1 dengan predikat "dengan pujian (cumlaude)" dan berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A/Unggul dan program studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan dan dibuktikan dengan keterangan lulus "dengan pujian (cumlaude)" pada ijazah atau transkrip nilai.

b. Untuk kategori putra/putri Papua dan Papua Barat adalah pelamar dengan kriteria berdasarkan garis Keturunan orang tua (bapak atau ibu) asli Papua atau Papua Barat yang dibuktikan dengan akta kelahiran dan atau surat keterangan Iahir dan diperkuat dengan surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku.

c. Untuk kategori umum adalah pelamar yang tidak termasuk pada kriteria sebagaimana huruf a dan b di atas.


Sementara untuk persyaratan umum pelamar, yang disyaratkan di antaranya:

1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Berusia serendah-rendahnya 18 tahun dari hari tanggal pendaftaran secara daring di portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan berusia maksimum:
a. 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2018 untuk Sarjana (S1).
b. 32 tahun pada tanggal 1 Desember 2018 untuk tingkat Magister/Master (S2).

3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana penjara 2 tahun atau Iebih.

4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
5. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
8. Sehat jasmani dan rohani.
9. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya.
10. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara Iain yang ditentukan oleh Pemerintah, termasuk di negara/wilayah yang rawan secara politik, ekonomi maupun keamanan.
11. Bersedia tidak mengundurkan diri selama mengikuti diklat pembentukan jabatan fungsional dan menjalani ikatan dinas selama 5 tahun sejak selesai diklat.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengklik laman berikut:
https://e-cpns.kemlu.go.id/




Saksikan juga video 'Tolak Tes CPNS Umum, Tenaga Honorer K2 Gelar Aksi Cap Jari Darah':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/fdl)