Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 21 Sep 2018 18:49 WIB

Honorer Diangkat Jadi Pegawai Pemerintah, Gajinya Setara PNS

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Guru honorer yang tidak memenuhi syarat mengikuti seleksi CPNS sedang disiapkan pemerintah agar setara PNS. Caranya dengan skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Lantas, apa yang membuatnya setara?

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, baik PNS maupun P3K akan memperoleh hak keuangan yang sama, kecuali uang pensiun. Dari segi gaji, P3K mendapat jumlah yang sama dengan PNS, artinya di atas UMR.

"Bukan (UMR), itu P3K sama dengan PNS (gajinya)" kata dia di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Namun, dia menjelaskan bahwa P3K tidak menerima uang pensiunan seperti PNS. Hanya saja mereka tetap bisa mengikuti dana pensiun.

"Untuk P3K tidak dibayarkan pensiun tapi bukan berarti tidak boleh mengelola dana pensiun sendiri kan. Jadi misalnya mereka bersedia ikut program pensiun untuk P3K misal Taspen," sebutnya.


Dia melanjutkan, nantinya akan dibuat peta formasi jabatan bagi P3K yang tidak hanya sebatas untuk guru saja.

"Kemudian juga akan dibuat peta jabatan formasi untuk P3K, karena P3K tidak hanya untuk guru saja, nanti akan dibuat prioritas yang mana dulu akan dilakukan perekrutannya," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin menjelaskan, sistem penggajian sama antara PNS/ASN dan P3K.

"Tentu nanti sistem pembayarannya sama ASN dan P3K," tambahnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com