Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 08 Feb 2019 16:13 WIB

Dibuka Tanggal 10 Februari, Ini Proses Seleksi Pegawai Setara PNS

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) membuka pendaftaran pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja (PPPK) atau pegawai setara PNS pada 10 Februari 2019. Rencananya, ada beberapa tahapan untuk lolos menjadi pegawai setara PNS.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan proses dimulai dari seleksi administrasi. Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 10-16 Februari dan hasil kelulusan diumumkan pada 18 Februari.

"Proses pertama adalah seleksi administrasi. Kemudian pada tanggal 17 verifikasi administrasi selesai dan diharapkan pengumuman hasil verifikasi melalui aplikasi sscasn.bkn.go.id itu akan disampaikan pada tanggal 18 Februari melalui aplikasi itu," kata dia di Kantor BKN, Jakarta Timur, Jumat (8/2/2019).


Kemudian, seleksi selanjutnya adalah seleksi manajerial, struktural dan teknis yang pelaksanaan seleksinya berbasis komputer atau CAT. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 23-24 Februari di 530 titik.

"Kemudian tentatif pelaksanaan tes tanggal 23-24 Februari di 530 titik. Itu kalau semua mengikuti karena ada beberapa daerah yang nggak ikut karena anggaran," sambung dia.

Dalam tes tersebut, juga akan dilakukan wawancara dengan pejabat yang bersangkutan. Hal itu dilakukan guna mengetahui kemampuan dari calon pegawai setara PNS.

"Tidak ada ujian seperti SKD karena mereka semua sudah dianggap sudah memenuhi syarat dasar pejabat di bidang masing-masing," jelas dia.

"Jadi ada tahap wawancara dengan pejabat teman-teman setempat untuk memastikan apakah calon PPPK memenuhi (bidang)," ungkapnya.


Terakhir, pelamar pegawai setara PNS yang dinyatakan lulus akan diumumkan pada 1 Maret melalui laman resmi sscasn.bkn.go.id. Sehingga harapannya pegawai dapat aktif bekerja sebelum Pilpres berlangsung.

"Pengumuman 1 Maret. Jadi mudah-mudahan setelah Pilpres. Jadi pegawai CPNS 2018 yang kemarin ini sudah mulai masuk dan teman-teman PPPK mulai masuk tetap berpraktik tetapi dengan status PPPK," tutup dia.

Jadi secara keseluruhan seleksi PPPK meliputi seleksi administrasi, pengumuman, seleksi manajerial struktural, seleksi teknis yang meliputi wawancara dan pengumuman hasil akhir.



Simak juga video 'Pengumuman! CPNS 2019 Buka 100 Ribu Formasi':

[Gambas:Video 20detik]


Dibuka Tanggal 10 Februari, Ini Proses Seleksi Pegawai Setara PNS
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed