Lulusan S1 Mau Jadi Perwira Polisi? Ini Lowongannya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 08 Jan 2021 14:03 WIB
Gedung Mabes Polri
Gedung Mabes Polri/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Kepolisian Negara Republik Indonesia resmi membuka penerimaan Siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS). Penerimaan ini untuk memenuhi kebutuhan organisasi Polri melalui penambahan personel Polri Sumber Sarjana.

Dalam surat pengumuman penerimaan SSIPSS tahun anggaran 2021 ini merupakan calon Perwira Polri untuk menjadi Perwira Pertama Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA) melalui pendidikan pembentukan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana.

Pendidikan ini meliputi pengetahuan, keterampilan, kemampuan, ketangguhan, sikap dan perilaku terpuji dalam rangka melaksanakan tugas kepolisian sesuai dengan keahlian atau kompetensi bidang keilmuan guna mendukung tugas kepolisian.

Persyaratan umum pelamar merupakan warga Negara Indonesia, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa. Lalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UU Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.

Berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 28 tahun. Selain itu sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba. Kemudian tidak sedang terlibat kasus pidana atau pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat.

Selanjutnya berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada Satker sesuai keahlian atau latar belakang program studinya.

Persyaratan khusus pria dan wanita yang belum pernah menjadi anggota Polri. Kemudian berijazah S-1/S-1 profesi

a. Kedokteran umum (Profesi)
b. Kedokteran Gigi (Profesi)
c. Psikologi
d. Biologi (murni)
e. Teknik Informatika (Programming)
f. Teknik Informatika (Jaringan)
g. Sistem Informasi (Database)
h. Desain Komunikasi Visual/Desain Grafis
i. Teknik Penerbangan
j. Teknik Elektro (arus lemah).
k. Teknik Metalurgi
l. Hubungan Internasional
m. Sastra China
n. Sastra Prancis/Spanyol
o. Pendidikan Olahraga
p. Pendidikan Kurikulum
q. Farmasi Apoteker (Profesi)
r. Ilmu Komunikasi (Public Relation)
s. Ilmu Komunikasi (Jurnalistik)
t. Perpajakan
u. Semua Prodi + Sertifikat CPL IR Flying School.

Kemudian untuk D-IV

a. Ahli Nautika Tk. III
b. Ahli Teknika Tk. III
c. Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Pelabuhan.
Selanjutnya untuk Prodi Kedokteran, Dokter Umum dan Dokter Gigi wajib mempunyai Surat Tanda Selesai Internsip (STSI) dan Surat Tanda Registrasi (STR) definitif.

(kil/ara)