Perhatian! Hasil Seleksi Rekrutmen KAI Sudah Diumumkan, Cek di Sini

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 12 Okt 2021 12:00 WIB
Porter dan pegawai PT KAI menunduk saat kereta berangkat
Foto: Azizah Rizki/detikcom
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah membuka rekrutmen tenaga kerja untuk berbagai formasi. Pendaftaran ditutup pada 24 September 2021 lalu. Hasil seleksi administrasi diumumkan hari ini, Selasa 12 Oktober 2021.

Seleksi sendiri dilaksanakan oleh pelamar di Daop 1 Jakarta, Daop 2 Bandung, Daop 4 Semarang, Daop 5 Purwokerto, Daop 6 Yogyakarta, Daop 8 Surabaya, Divre I Sumatera Utara, Divre III Palembang dan Divre IV Tanjungkarang.

"Pelamar yang lulus seleksi tahap I (Seleksi Administrasi) berhak mengikuti seleksi tahap II (Seleksi Kesehatan Awal) yang rencananya akan diumumkan pada tanggal 12 Oktober 2021 melalui website https://recruitment.kai.id," demikian keterangan KAI di situs web resminya dikutip Selasa (12/10/2021).

Perlu diketahui bahwa rekrutmen PT KAI tidak dipungut biaya apapun, dan tidak menggunakan sistem refund atau penggantian biaya transportasi maupun akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan rekrutmen, dan peserta diimbau untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrut.

"Seleksi penerimaan pekerja menggunakan sistem gugur dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat," jelas KAI.

Tahapan seleksi adalah sebagai berikut:

Tahap 1: Seleksi Administrasi
Tahap 2: Seleksi Kesehatan Awal
Tahap 3: Seleksi Psikologi
Tahap 4: Seleksi Wawancara
Tahap 5: Seleksi Kesehatan Akhir

Updated: PT KAI memutuskan untuk menunda pengumuman lulus seleksi administrasi rekrutmen eksternal tingkat SLTA, D3 dan S1 ini, dari sebelumnya direncanakan pada 12 Oktober 2021 menjadi 15 Oktober 2021. Alasannya lantaran tingginya antusiasme masyarakat, sehingga dalam proses validasi memerlukan tambahan waktu. Baca berita selengkapnya di sini.

(toy/das)