Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Feb 2019 08:42 WIB

OSO Securities: IHSG Cenderung Menguat

OSO Securities - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Rengga Sancaya Ilustrasi/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pada perdagangan awal pekan ini (26/2), IHSG ditutup menguat sebesar 0,24% ke level 6.540,95. Tiga dari sepuluh indeks sektoral berakhir dalam teritori positif, di mana sektor Barang Konsumsi dan Manufaktur memimpin penguatan masing-masing sebesar 1,39% dan 0,76%. Adapun saham yang menjadi penggerak indeks diantaranya: UNVR, HMSP, GGRM, BBCA, UNTR.

Penguatan pada terjadi di tengah pergerakan bursa Asia Pasifik yang mayoritas ditutup dalam zona merah. Adapun penguatan tersebut terdorong oleh sentimen positif dari kesepakatan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China setelah Presiden Donald Trump menyatakan akan menunda kenaikan tarif impor barang asal China. Hal tersebut membuat para pelaku pasar optimis perang dagang antara AS dan China akan segera berakhir.

Adapun menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang berhasil meninggalkan level Rp 14.000 atau terapresiasi sebesar 0,42% ke level Rp 13.992, juga menjadi salah satu sentimen positif indeks pada perdagangan kemarin. Pelaku pasar asing membukukan aksi beli bersih (netbuy) sebesar Rp 722 miliar.


Sementara itu, indeks utama bursa saham AS ditutup flat pada perdagangan hari Selasa (26/2). Indeks Dow Jones melemah 0,13% serta S&P dan Nasdaq masing-masing turun tipis 0,08% dan 0,07%.

Penurunan pada indeks merupakan koreksi yang wajar mengingat indeks sudah mencatatkan kenaikan yang cukup baik dalam beberapa waktu terakhir di tengah kondisi ekonomi yang belum stabil serta pertemuan antara AS China yang belum ada kejelasan terkait waktu kesepakatan.

Adapun beberapa data AS dilaporkan mixed, dimana sentimen negatif salah satunya berasal dari rilisnya data housing starts yang tercatat turun 11,2% MoM padahal di periode sebelumnya masih tercatat tumbuh 0,4% MoM.


Sementara itu, rilisnya data consumer confidence AS bulan Februari yang tercatat di level 131,4 meningkat dari sebelumnya yang di level 121,7 nampaknya masih belum mampu menggerakkan indeks ke area positif.

IHSG ditutup menguat sebesar 0,2% ke level 6.540. IHSG ditutup candle bullish dengan indikator Stochastic kembali bullish dan MACD histogram ke arah positif dengan volume turun tipis. Diperkirakan IHSG kembali bergerak mixed kecenderungan menguat dengan pergerakan di kisaran 6.497-6.581. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com