Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Sep 2016 16:18 WIB

Ada 10 Gambar Pahlawan Baru, Desain Uang Rupiah akan Berubah

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Foto: Andhika Akbarayansyah Foto: Andhika Akbarayansyah
FOKUS BERITA Desain Baru Rupiah
Jakarta - Bank Indonesia (BI) akan mengubah uang rupiah kertas dan logam yang selama ini beredar. Sebab, ada 10 pahlawan yang wajahnya akan masuk di uang rupiah.

"Ya ada perubahan desain," kata Deputi Gubernur BI, Ronald Waas, kepada detikFinance, Rabu (14/9/2016).

Desain uang baru ini sejalan dengan rencana BI menerbitkan uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hampir semua wajah pahlawan di uang tunai akan diganti, kecuali pecahan Rp 100.000.

Pecahan Rp 100.000 tetap menampilkan wajah dua proklamator RI, yaitu Presiden dan Wakil Presiden Pertama RI, Soekarno dan Mohammad Hatta.

Uang NKRI ini adalah uang yang ditandatangani oleh Gubernur BI dan Menteri Keuangan (Menkeu). Selama ini uang rupiah yang beredar hanya ditandatangani oleh Gubernur BI.

Menurut Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI), Suhaedi, rencana peluncuran uang NKRI ini masih digodok oleh BI.

"Masih kita bahas terus, nanti selengkapnya akan diumumkan oleh Pak Agus (Martowardojo, Gubernur BI)," katanya kepada detikFinance.

Beberapa bulan lalu, Ronald pernah menyebut uang NKRI ini akan diluncurkan di akhir 2016. Berikut daftar para pahlawan yang akan tampil di uang NKRI.

(ang/dnl)
FOKUS BERITA Desain Baru Rupiah
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed