Program Nasional TabunganKu

Kini Menabung Tak Lagi Dibebani Biaya Administrasi

- detikFinance
Sabtu, 20 Feb 2010 10:55 WIB
Bali - Bank Indonesia (BI) mencanangkan Gerakan Indonesia Menabung dan peluncuran produk TabunganKu. Dengan program tersebut, kini menabung tak lagi dibebani biaya administrasi.

Peluncuran di Bali digelar di lapangan Puputan Renon, Jl Puputan Raya Renon, Denpasar, Sabtu (20/2/2010). Acara ini dihadiri oleh Pemimpin Bank Indonesia Denpasar Jeffrey Kairupan serta 28 Bank Umum dan 138 Bank Perkreditan Rakyat (BPR se-Bali). Gerakan menabung ini juga dihadiri anak-anak sekolah di Denpasar.

Jeffrey menjelaskan saat masyarakat mulai menabung di TabunganKu setoran awalnya minimal Rp 20 ribu tanpa dikenakan biaya administrasi. Masyarakat mendapat kemudahan karena bisa menabung Rp 10 ribu. "Dulu dikenakan biaya membuka saldo, dipotong sehingga masyarakat menjadi enggan menabung," katanya.

Jeffrey menjelaskan bunga tabungan, yaitu rasio tabungan terhadap groos bruto produk (GBP) di Bali, yaitu 32 persen lebih tinggi dibandingkan saving rate nasional sebesar 28 persen. "Potensi Bali luar biasa sehingga bisa menjadi objek yang dikelola perbankkan," katanya.

Program Gerakan Indonesia Menabung dan peluncuran produk TabunganKu digelar serentak di Indonesia. Produk TabunganKu didukung oleh 70 bank umum dan sebagian besar BPR. (gds/dnl)