Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Sep 2016 17:26 WIB

Ini Alasan BI Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 5%

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuannya BI 7 Days Repo Rate dari 5,25% ke 5%. Keputusan ini diambil setelah mengadakan Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI tanggal 21-22 September 2016.

Menurut Gubernur BI Agus Martowardojo penurunan suku bunga acuan BI dilakukan untuk meningkatkan gairah ekonomi nasional di tengah pelemahan ekonomi global. Penurunan BI 7 Days Repo Rate juga dilakukan untuk meningkatkan konsumsi masyarakat.

"Di tengah masih lemahnya ekonomi global, pelonggaran dapat memperkuat upaya untuk medorong permintaan domestik. Ini juga untuk menjaga stabilitas makro ekonomi," jelas Gubernur BI Agus Martowardojo di Gedung Thamrin, Kompleks BI, Jakarta Pusat, Kamis (22/9/2016).

Penurunan suku bunga acuan BI ke 5% juga dilakukan untuk mendukung target pertumbuhan ekonomi 2016 di atas 5%. Langkah ini dilakukan juga un

"Pelonggaran kebijakan tersebut memperkuat kebijakan pemerintah meningkatkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan," kata Agus.

Dengan meningkatnya konsumsi domestik maka pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa berada sesuai target di kisaran 4,9% sampai 5,3%.

"BI memandang berbagai langkah diperlukan meningkatkan domestik meingkatkan pertumbuhan ekonomi dan dengan perkembangan tersebut pertumbuhan ekonomi 2016 di kisaran 4,9-5,3% year on year," tambah Agus. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com