Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 01 Okt 2016 13:10 WIB

Dukung Inklusi Keuangan, BTPN Masuk Daftar 50 Perusahaan Dunia Berkinerja Baik

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Dok. BTPN Foto: Dok. BTPN
Jakarta - Konsisten melayani masyarakat berpenghasilan rendah, termasuk para pensiunan, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta masyarakat prasejahtera produktif, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) masuk ke dalam daftar 50 perusahaan di seluruh dunia yang dinilai telah melakukan kinerja baik dalam menyelesaikan masalah sosial sekaligus dapat memperoleh keuntungan.

Dalam daftar "Fortune Change the World" yang dirilis Majalah Fortune edisi September 2016, BTPN melalui BTPN Wow! dianggap berhasil membantu masyarakat yang belum terjangkau layanan perbankan di Indonesia dan memainkan peranan penting dalam inklusi keuangan di Indonesia. BTPN merupakan satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut, sejajar dengan perusahaan-perusahaan global, antara lain Starbucks, MasterCard, dan General Electric.

"Peluang sekaligus panggilan (Do Well by Doing Good) adalah filosofi bisnis BTPN yang menjadi sumber inspirasi inovasi bisnis model kami. Masuknya BTPN sebagai satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam list Fortune Change the World 2016 - 50 Companies That Do Well By Doing Good menjadi kebanggaan sekaligus panggilan bagi kami untuk terus melakukan yang terbaik," kata Direktur BTPN Anika Faisal, dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/10/2016)

Kehadiran BTPN Wow! dalam membantu masyarakat yang belum terjangkau layanan perbankan di Indonesia dan memainkan peranan penting dalam inklusi keuangan di Indonesia juga diakui Susanti, salah satu nasabah BTPN Wow! di kawasan Cisarua, Bogor. Menurut Susanti, kehadiran BTPN Wow! berhasil mengubah perilaku dan disiplin dirinya dalam menabung.
Program Inklusi Keuangan BTPN WowProgram Inklusi Keuangan BTPN Wow

"Sebelum ada BTPN Wow!, saya menabung uang hasil jualan di celengan karena sulit menuju bank dari daerah saya. Selain itu, jumlah uang yang ditabung di bank harus cukup besar. Dengan hadirnya BTPN Wow!, saya bisa menabung dengan jumlah uang receh. Terlebih lagi saya dapat mengumpulkan uang lebih disiplin setiap bulannya untuk menyekolahkan anak saya," tutur Susanti yang merupakan penjual madu di daerah Gunung Mas, Cisarua, Bogor tersebut.

Manfaat kehadiran BTPN Wow! di daerah Gunung Mas juga diungkapkan pemilik agen BTPN Wow! di kawasan tersebut, Husnul Asikin. Menurut dia, BTPN Wow! menawarkan kemudahan bagi masyarakat di sekitar kawasan Gunung Mas, termasuk para buruh perkebunan teh, untuk menabung.

"Banyak di antara masyarakat di sini belum bisa merasakan hasil dari kerja kerasnya karena masih menyimpan uang secara tidak teratur, seperti menyimpan uang di rumah dan lemari. Dengan menjadi agen BTPN Wow!, saya bisa melayani masyarakat sekitar agar tidak perlu jauh-jauh ke bank untuk menabung. Kini, mereka bisa menabung dan mengambil uang di sini, " ungkap Husnul.

BTPN Wow! merupakan inovasi BTPN dalam Program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (LAKU PANDAI) yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK). BTPN Wow! adalah layanan perbankan bagi mass market yang memanfaatkan teknologi telepon genggam dan didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan BTPN untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok Indonesia.
Program Inklusi Keuangan BTPN WowProgram Inklusi Keuangan BTPN Wow

BTPN Wow! adalah rekening tabungan yang dapat diakses dengan menggunakan segala jenis handphone GSM (tidak harus smartphone), dan bisa melakukan transaksi di mana saja, walaupun dengan sinyal satu garis. Dengan menabung di BTPN Wow!, nasabah dapat melakukan pembukaan rekening, tarik dan setor uang melalui agen bank dengan biaya yang sangat murah. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com