BI: Semua Foto Pahlawan di Uang Baru Sudah Dapat Izin Ahli Waris

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Rabu, 21 Des 2016 11:52 WIB
Foto: Maikel Jefriando
Jakarta - Isu miring bermunculan terhadap uang rupiah desain baru yang dirilis Bank Indonesia (BI) dan Pemerintah awal pekan ini. Isu-isu ini beredar dengan cepat di media sosial (medsos).

Belum selesai dituduh mirip yuan, uang rupiah desain baru kembali diterpa isu miring. Kali ini, menyasar kepada para pahlawan yang terpampang di uang baru.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI), Suhaedi, mengatakan pemilihan foto para pahlawan sudah melalui diskusi panjang dengan banyak pihak.

"Semua foto pahlawan, setelah diskusi panjang dengan berbagai pihak, kita mintakan persetujuan dan masukan dari ahli waris apabila ada yang lebih pas," kata Suhaedi ketika dihubungi detikFinance, Rabu (21/12/2016).

Menurutnya, semua pemilihan foto juga dilakukan dengan hati-hati. Pewarnaan dan pencahayaan juga diatur supaya terlibat lebih cerah.

"Semua dilakukan dengan hati-hati, misalnya perubahan foto seorang pahlawan supaya kelihatan lebih cerah dan bersemangat," katanya.

Salah satu yang ramai dibicarakan di medsos adalah foto pahlawan asal Aceh, Cut Nyak Meutia. Beberapa netizen menuduh foto Cut Meutia tidak sesuai gara-gara tidak memakai jilbab.

Padahal selain Cut Meutia, pahlawan asal Aceh yang fotonya juga pernah terpampang di uang rupiah adalah Cut Nyak Dien. Pahlawan yang meninggal 1908 di Sumedang itu juga tidak memakai jilbab di pecahan Rp 10.000 lama.

Ingin tahu siapa saja pahlawan yang ada di uang rupiah baru? Lihat di berita ini:

"Rupiah Desain Baru Terbit Hari Ini"

Simak juga penjelasan BI mengenai tuduhan uang rupiah baru yang katanya mirip yuan di sini:

"Rupiah Baru Dibilang Mirip Yuan, Benarkah?"





(ang/hns)