Follow detikFinance
Jumat 11 Aug 2017, 16:26 WIB

Polisi Telusuri Kemungkinan Dana First Travel Masuk ke Koperasi Pandawa

Mei Amelia R - detikFinance
Polisi Telusuri Kemungkinan Dana First Travel Masuk ke Koperasi Pandawa Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Penyidik Bareskrim Polri masih menelusuri ke mana larinya uang jemaah umrah First Travel yang dikelola pasangan suami istri, Andika Surachman dan Anniesa Devitasari Hasibuan. Selain menelusuri harta kekayaan, polisi juga menelusuri penggunaan dana umrah itu yang diduga masuk ke Koperasi Pandawa.

"Sejauh ini belum kita temukan ke Pandawa. Akan tetapi, akan kita telusuri ke situ juga," ujar Direktur Tindak Pidana Bareskrim Polri Brigjen Pol Heri Rudolf Nahak kepada detikcom, Jumat (11/8/2017).

Heri mengatakan, pihaknya saat ini masih menelusuri aliran dana di dua rekening utama First Travel. Selain itu, polisi juga tengah melacak aset-aset kedua tersangka tersebut.

"Masih dalam proses, semua kita akan telusuri ke mana dia transfer uang-uang jemaah tersebut," imbuhnya.


Seorang Agen mitra First Travel, DR menceritakan kepada detikFinance jika biro perjalanan tersebut menginvestasikan uang di koperasi yang bermasalah, yaitu Koperasi Pandawa. Polda Metro Jaya sendiri telah menetapkan puluhan tersangka terkait penipuan investasi Pandawa ini, termasuk bosnya, Nuryanto.

"Iya benar ke Pandawa, tapi juga ada beberapa perusahaan lain tidak hanya FT saja yang uangnya mengalir ke Pandawa Group itu," ujar dia kepada detikFinance, Jumat (11/8/2017).

Menurut dia, hal ini terkesan ditutup-tutupi kebenarannya. Kemudian menurut DR kondisi keuangan First Travel memang sudah kurang baik.

"Kami sebagai agen juga tidak menerima uang langsung dari jemaah, jadi jemaah bayar ke rekening First Travel. Kondisi keuangan perusahaan sudah tidak baik ditambah gaya hidup owner yang hedon dan uangnya habis ke situ juga," ujarnya.

(mei/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed