Follow detikFinance
Jumat 10 Nov 2017, 11:19 WIB

Mitsubishi Mau Beli Danamon, OJK: Perbankan RI Ibarat Gadis Cantik

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Mitsubishi Mau Beli Danamon, OJK: Perbankan RI Ibarat Gadis Cantik Foto: Bank Danamon di Matraman
Jakarta - Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) dikabarkan berminat membeli 40% saham PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN). Saat ini proses tawar-menawar sedang berlangsung.

Menganggapi hal tersebut, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan, Heru Kristiyana, mengatakan saat ini perbankan di Indonesia diibaratkan gadis cantik yang diminati oleh investor-investor asing.

"Kemarin kita lihat berita bahwa MUFG ingin akusisi sahamnya Temasek di Danamon, memang bank di Indonesia ibaratnya gadis, dilirik investor terus pertumbuhan asetnya bagus, dana pihak ketiga (DPK), net interest margin (NIM) nya bagus," kata Heru di kantor OJK, Jakarta, Jumat (10/11/2017).

Dia menjelaskan indikator tersebut mampu menarik minat investor untuk masuk ke perbankan Indonesia.

"Ketika ada berita itu, kita panggil dan saya konfirmasi dengan temasek. Intinya MUFG melirik saham Danamon, baru melirik, ini sebenarnya aksi korporasi ini biasa. Tapi karena sudah diberitakan sahamnya naik," jelas dia.

Menurut dia, aksi korporasi bank yang dilakukan oleh calon investor asing maupun investor domestik ada hal yang normal. "Apalagi jika mereka mengembangkan banknya, pemilik ingin mendatangkan investor yang besar. Tentunya kami harapkan bisa mendorong berkontribusi nyata bagi perekonomian," jelas dia.


Menurut informasi sumber Reuters yang tidak disebutkan namanya, nilai transaksi pembelian saham ini sekitar 200 miliar yen atau sekitar US$ 1,8 miliar (Rp 24,3 triliun).

Saham yang akan dibeli milik pengendali utama Bank Damanon di Singapura, yaitu Asia Financial Indonesia Pte Ltd (AFI), anak usaha Temasek Holding.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed