Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 15 Feb 2018 10:07 WIB

Bos Mandiri Optimistis Pertumbuhan Kredit Tahun Ini Capai 13%

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pertumbuhan kredit perbankan nasional diprediksi bisa tumbuh lebih baik tahun ini. Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan hal ini didorong oleh optimisme pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kami optimis tumbuh, meski tidak mau terlalu cepat. Tahun lalu di kisaran 10% kredit perbankan, sekarang di 11-13% lah," kata pria yang akrab disapa Tiko dalam acara temu media, di Mandiri Club, Jakarta, Rabu (14/2/2018).


Dia menjelaskan, bank-bank milik negara juga memiliki optimisme yang tinggi terkait pertumbuhan kredit. Hal ini ditopang oleh pembangunan infrastruktur yang masih dilakukan.

Tiko menjelaskan, masih ada tantangan untuk pertumbuhan kredit bank. Yakni persaingan ketat di sektor konsumer, pasalnya banyak pemain yang mulai gencar membidik penyaluran kredit konsumer sejak awal tahun ini.

"Persaingan akan ketat, ada bank yang sudah berani beri bunga lebih rendah. Kita (Himbara) mau imbangi juga," ujar dia.


Tahun 2017 realisasi penyaluran kredit mencapai 8,35% yoy, masih di bawah rencana bisnis bank (RBB) sebesar 11,86%. Tahun ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan pertumbuhan kredit berada di kisaran 12,2% dan dana pihak ketiga (DPK) 11,16%.

Saat ini permodalan lembaga jasa keuangan kita relatif kuat, yang ditunjukkan dengan rasio kecukupan modal/CAR perbankan sebesar 23,36%. Dengan asumsi CAR disesuaikan ke level setara dengan rata-rata CAR perbankan di kawasan ASEAN yakni 18%. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed